"Menjelang perayaan Tahun Baru 2024 arus kendaraan yang masuk ke kawasan objek wisata pantai terus mengalami peningkatan, tercatat hingga pukul 15.00 WIB ada 11.720 yang kendaraan masuk,"
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sukabumi mencatat ribuan kendaraan bermotor roda dua maupun empat masuk ke kawasan objek wisata wisata Pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Minggu, (31/12).

"Menjelang perayaan Tahun Baru 2024 arus kendaraan yang masuk ke kawasan objek wisata pantai terus mengalami peningkatan, tercatat hingga pukul 15.00 WIB ada 11.720 yang kendaraan masuk," kata Kanit Penegak Hukum Satlantas Polres Sukabumi Ipda M Fajar Yanuar di Sukabumi, Minggu.

Dari jumlah tersebut untuk kendaraan roda dua sebanyak 6.750 unit, sementara roda empat 4.970 unit. Menurut Yanuar, kemungkinan besar kendaraan yang masuk ke objek wisata akan terus bertambah mendekati puncak pesta pergantian tahun.

Namun demikian, hingga pukul 15.00 WIB arus lalu lintas di sekitar destinasi wisata pantai selatan Kabupaten Sukabumi terpantau ramai lancar. Seperti arus lalu lintas yang terpantau di Pos Pengamanan Simpang Gunung Butak, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu yang merupakan pintu masuk menuju objek wisata Pantai Palabuhanratu yang kondisinya masih lancar meskipun sudah ada peningkatan volume kendaraan.

Kondisi arus lalu lintas tersebut terbilang normal, namun demikian pihaknya tetap melakukan antisipasi terjadinya lonjakan signifikan jumlah kendaraan yang mengarah ke objek wisata pantai yang bisa berdampak kepada penumpukan kendaraan atau kemacetan.

"Antisipasi yang kami lakukan dengan cara rekayasa arus lalu lintas seperti membuat satu arah (one way) atau penyekatan. Tetapi, cara bertindak seperti ini sifatnya situasional," tambahnya.

Yanuar pun mengimbau kepada wisatawan yang ingin berkunjung objek wisata ini untuk berhati-hati karena hujan deras sempat turun, sehingga jalan menjadi basah dan di beberapa titik terdapat daerah rawan longsor.

Tidak hanya itu, pihaknya juga sudah melakukan antisipasi saat arus balik wisatawan. Sesuai hasil rapat lintas sektoral untuk arus balik akan dilakukan rekayasa arus lalu lintas karena beberapa pertimbangan dan melihat kondisi di lapangan.

Adapun saat arus balik kendaraan yang keluar dari objek wisata tepatnya dari Pantai Citepus di persimpangan Gunung Butak diarahkan lurus menuju Buniwangi - Cimanggu lanjut ke arah Cikidang. Kemudian jalur yang mengarah ke Cisarakan akan disekat, diputar balikkan ke arah Cimanggu ataupun di luruskan ke arah Warungkiara.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023