Mesan (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) membuka konektivitas dua provinsi dengan mengoperasikan secara fungsional Tol Bangkinang – Koto Kampar (24,7 Km) dan Tol Binjai – Langsa Seksi Kuala Bingai – Tanjung Pura (19 Km) selama libur Tahun Baru 2024.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo, di Medan, Minggu, mengatakan penambahan kedua jalur tol tersebut untuk menghubungkan provinsi-provinsi di Sumatera guna memperlancar arus lalu lintas selama Tahun Baru 2024.

"Bahwa penambahan kedua jalur tol tersebut tidak sekadar memotong waktu perjalanan antar kota, melainkan juga menghubungkan provinsi-provinsi di Sumatera," ujar Tjahjo.

Ia menjelaskan Tol Fungsional Kuala Bingai – Tanjung Pura, merupakan bagian dari Tol Binjai – Langsa yang sebelumnya telah beroperasi dari Binjai hingga Kuala Bingai untuk mempermudah akses pengguna menuju Langsa, Aceh dengan jarak tempuh 30 menit.

"Sehingga dengan seksi baru ini dapat semakin mempermudah akses pengguna dari Binjai, Sumatera Utara menuju Langsa, Aceh ataupun sebaliknya, dengan waktu tempuh dari Binjai menuju Tanjung Pura yang semula 1,5 jam menjadi hanya 30 menit saja," kata Tjahjo.

Meskipun ruas tersebut masih dioperasikan secara fungsional, kata dia, kedua ruas tersebut memiliki kualitas dan fasilitas yang tidak kalah dengan jalan tol yang telah beroperasi secara penuh.

"Ketahanan dari kedua jalan tol tersebut tidak perlu diragukan lagi karena dibangun menggunakan teknologi Lead Rubber Bearing (LRB) atau bantalan karet inti timbal yang memberikan kualitas terbaik, menambah umur ketahanan jembatan, serta memiliki keamanan struktur yang lebih kuat saat terjadi gempa, sehingga dapat kami pastikan bahwa kedua ruas jalan tol tersebut telah layak operasi,” sebutnya.

Kemudian, dia melanjutkan Tol Kuala Bingai - Tanjung Pura, Tol Bangkinang – Koto Kampar merupakan jalur tol baru yang terhubung dengan Tol Pekanbaru - Bangkinang yang sebelumnya telah beroperasi sejak Oktober 2022 dengan demikian, jalur tol ini membuka konektivitas dari Pekanbaru ke Koto Kampar atau sebaliknya.

"Lewat tol ini, pengguna jalan dari Pekanbaru yang ingin berkunjung ke wisata Payakumbuh atau pengguna jalan dari Padang yang ingin menikmati pemandangan di daerah Riau menjadi lebih cepat untuk dijangkau," katanya.

Ia megimbau kepada pengguna jalan tol yang hendak melintas dari Provinsi Riau menuju Sumbar juga tidak perlu khawatir untuk melakukan perjalanan jauh, dikarenakan Tol Pekanbaru - Bangkinang telah dilengkapi dengan rest area fungsional yang berada di KM 36 Jalur A & B dengan sejumlah fasilitas.

"Rest area fungsional ini fasilitasnya sudah cukup lengkap dengan toilet yang nyaman seperti di mall, masjid yang luas dengan bangunan yang indah serta dilengkapi ATM, minimarket dan SPBU modular dan pengunjung rest area juga bisa berfoto di mural yang instagramable yang berada di depan rest area," ujarnya.

Selain itu, ia juga mengimbau seluruh pengguna jalan untuk berkendara sesuai dengan tata tertib dan ketentuan yang berlaku selama melintas di jalan tol antara lain berkendara dengan kecepatan minimum 60 kilometer per jam dan maksimum 100 kilometer per jam, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

"Pengguna jalan diminta untuk segera beristirahat di tempat istirahat terdekat apabila merasa mengantuk, dan apabila terdapat keluhan atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan tol, agar segera melapor ke call center masing-masing ruas tol atau pantau terus informasinya melalui media sosial jalan tol Hutama Karya di @HKTolIndonesia," ujarnya.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023