Sepanjang Januari hingga November 2023 kinerja jasa utilitas membukukan prestasi yang baik.
Makassar (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) melalui subholdingnya, PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM) SPJM membukukan prestasi yang baik dalam peraihan kinerja jasa utilitas berupa penyediaan air dan listrik hingga November 2023.

"Sepanjang Januari hingga November 2023 kinerja jasa utilitas membukukan prestasi yang baik," kata Direktur Utama PT Pelindo Jasa Maritim Prasetyadi, di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu.

Dia mengatakan, prestasi itu tergambar dari kinerja air bersih mencapai 813.004 ton atau naik 116,09 persen terhadap pencapaian hingga November 2022.

Demikian pula layanan listrik, kinerjanya sampai dengan November 2023 mencapai 161,78 Juta kWh atau naik 113,36 persen terhadap pencapaian hingga November 2022.

“Kinerja availability sampai dengan November 2023 mencapai 92,89 persen atau naik 101,37 persen terhadap pencapaian hingga November 2022,“ ujar Prasetyadi. Availability adalah tingkat kesiapan peralatan di pelabuhan.

Sedangkan untuk kinerja "mean time to repair" hingga November 2023 mencapai 2,25 jam atau turun 47,41 persen terhadap pencapaian hingga November 2022.

Lebih jauh dijelaskan, "mean time to repair" adalah rata-rata waktu untuk melakukan perbaikan. Dalam hal ini, jasa peralatan sangat krusial dalam menjaga stabilnya layanan kepelabuhanan di seluruh kelolaan Pelindo.

Prasetyadi mengatakan, setiap saat pihaknya mengupayakan memberikan layanan yang terbaik, terstandar, serta senantiasa mengutamakan keselamatan.

Ke depan, manajemen SPJM berharap bisa memperoleh lebih banyak kepercayaan lagi dari berbagai pihak yang membutuhkan layanan untuk marine seperti pemanduan dan penundaan di berbagai tempat.

Demikian juga dengan layanan utilitas seperti air dan listrik ramah lingkungan dengan menggunakan Onshore Power Supply (OPS).

“Kami optimis kesadaran untuk mengurangi jejak karbon di dunia maritim dapat kita upayakan bersama, salah satunya melalui pemanfaatan OPS untuk mengganti peran mesin bantu kapal sekaligus juga dapat mengurangi emisi akibat bahan bakar fosil yang dipakai oleh kapal pada saat mereka bersandar,“ ujar Prasetyadi.

Menutup 2023, mewakili SPJM, ia menyampaikan harapan semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberi kelancaran dan kesuksesan yang gemilang di lingkup SPJM Pelindo pada 2024.

Dia juga menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada pengguna jasa baik eksternal maupun internal Pelindo, yang telah memberi kepercayaan untuk melayani berbagai kebutuhan di bidang marine, peralatan, maupun jasa utilitas yang disediakan oleh pihak SPJM.
Baca juga: SPJM Pelindo catat kinerja positif untuk pemanduan dan jasa utilitas
Baca juga: SPJM Pelindo lakukan transformasi layanan kemaritiman

 
Direktur Utama Subholding PT Pelindo Jasa Maritim Prasetyadi. ANTARA/ HO-SPJM

 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023