Merak (ANTARA News) - Pemudik yang hendak menuju Pulau Sumatera pada H-1 atau Rabu (7/8) memadati penyeberangan Pelabuhan Merak.

Ribuan penumpang pejalan kaki dan penumpang di atas kendaraan memadati Pelabuhan Merak sejak dinihari.

"Kami dan anggota keluarga datang ke Merak sejak dinihari dan pagi ini bisa diseberangkan ke Bakauheni, Lampung," kata Bagio pemudik yang tengah menuju Bandarlampung.

Bagio mengatakan ia memilih mudik pada H-1 karena diperkirakan arus lalu lintas lebih lancar. Namun, saat tiba di Pelabuhan Merak ia harus mengantre hingga sekitar 3,5 jam di Dermaga I Pelabuhan Merak akibat kepadatan kendaraan mobil pribadi.

"Kami merasa lega setalah naik ke atas kapal untuk menyeberang ke Pulau Sumatera," katanya.

Begitu pula, Suherman, pemudik tujuan Palembang mengaku dirinya dan keluarga tiba di Pelabuhan Merak sekitar pukul 02.20 WIB.

"Kami sengaja mudik pada H-1 karena pengalaman tahun lalu kondisi penyeberangan Merak-Bakauheni sepi," katanya.

"Kami saat ini tinggal menunggu kedatangan kapal di Dermaga I Pelabuhan Merak untuk segera diseberangkan," katanya.

Sementara itu, Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Mario Sardadi Oetomo mengatakan kemungkinan arus mudik masih padat hingga siang hari namun tidak seperti pada H-4 dan H-5.

Puncak mudik Lebaran melalui Pelabuhan Merak pada H-4 dan H-5 mencapai 120.000 penumpang dan kendaraan 24.000 unit menyeberang ke Bakauheni, Lampung.

"Namun meski terjadi kepadatan penumpang dan kendaraan, tetapi penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung berjalan lancar," katanya.


Pewarta: Mansyur
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013