Jakarta (ANTARA) - Kawasan Monumen Nasional (Monas) di Jakarta Pusat masih menjadi tempat favorit yang dikunjungi masyarakat untuk merayakan malam pergantian tahun bersama keluarga ataupun teman.
 
Hal tersebut disampaikan oleh Muhammad Iqbal (40) yang berasal dari Bandar Lampung. Iqbal rela datang dari Lampung ke Monas bersama keluarga demi menyaksikan ramainya kawasan Monas saat pergantian tahun.
 
"Monas ini kan yang terkenal di Jakarta, makanya kami dari Lampung mau merayakan tahun baru di sini, mau lihat Jakarta seperti apa tahun barunya mungkin lebih seru dari Lampung," kata Iqbal di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Senin.
 
Iqbal mengaku, dirinya berangkat dari Lampung pada Jumat (29/12/2023). Kedatangannya ke Monas ini menjadi momen perdana bagi Iqbal dan keluarga dalam merayakan Tahun Baru 2024.
 
"Iya baru pertama kali ke Monas merayakan Tahun Baru 2024. Kalau saya lihat ini bagus ya Monas, keren, ramai juga. Harapannya di 2024 ini sukses terus, sehat, bahagia, pokoknya sukses di darat, laut, udara," ujar Iqbal.
 
Selain itu, salah pengunjung lainnya bernama Randa Oktavianus (21) yang merupakan kru kapal yang melabu di kawasan Banten turut berkunjung ke Monas bersama temannya sejak Minggu (31/12) sore.
 
"Kesan saya tahun baru di Monas ini ramai. Biasanya, kayak tahun lalu itu saya di laut. Itu cuma bakar-bakar, lihat ombak," kata Randa di Monas.
 
Video mapping di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat saat malam perayaan Tahun Baru 2024, Minggu (31/12/2023). (ANTARA/Siti Nurhaliza)


Tampak video mapping yang mulai tayang sekitar pukul 20.17 WIB. Video mapping itu menayangkan sederet gambar bertemakan adat Indonesia dengan nuansa merah yang terpancar dari video mapping dan disorot ke arah tugu Monas.
 
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Malam Muda Mudi Jakarta Global saat malam Tahun Baru 2024 dengan rangkaian acara mulai dari Jakarnaval, panggung musik, pemutaran video hingga drone show (penampilan drone).
 
Acara Malam Muda Mudi ini diisi enam segmen menarik, yakni Gemilang Silang Monas, Jakarnaval, Panggung Utama Bundaran HI, Kirana Jakarta, Panggung Jalan MH Thamrin dan Panggung Jalan Jenderal Sudirman.
 
Pada segmen pertama Gemilang Silang Monas akan menampilkan pemutaran video, air mancur menari, hiburan dan sebagainya.
 
Lalu, ke arah barat daya Monas, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mendirikan panggung pembukaan yang bernama Jakarnaval (Jakarta Karnaval). Tema Jakarnaval tahun ini adalah "Indonesian Legend Intellectual Property" (IP) based character atau karakter berbasis kekayaan intelektual dari karya-karya anak bangsa.
 
Jakarnaval juga akan menampilkan beragam mobil hias dengan lampu-lampu yang menarik dan dekorasi karya anak bangsa seperti Sri Asih, Si Juki, Si Unyil, Si Buta dari Gua Hantu dan Satria Dewa Gatotkaca.

Baca juga: Warga antusias saksikan pentas tanjidor dan ondel-ondel di Monas

Baca juga: Pj Gubernur DKI buka Jakarta Karnaval dan sapa pengunjung di Monas

Baca juga: Monas dipadati 127 ribu orang jelang pergantian tahun

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024