Bintan (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menyambut kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) pertama tahun 2024 dari Singapura di Pelabuhan Bandar Bentan Telani, Lagoi, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri).

Penyambutan wisman ini ditandai dengan pengalungan bunga dan pemasangan tanjak (topi khas Melayu) oleh Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno didampingi Gubernur Kepri, Ansar Ahmad dan Bupati Bintan, Robby Kurniawan.

"Selamat datang wisman perdana ke Kepri. Kami pastikan pariwisata di sini aman, nyaman dan menyenangkan," kata Menteri Sandiaga Uno saat menyambut kedatangan wisman perdana, Senin (1/1).

Sandiaga menyampaikan Kepri merupakan provinsi dengan kunjungan wisman terbanyak ketiga nasional yang menawarkan banyak sekali destinasi wisata luar biasa, seperti Lagoi Bay dan Treasure Bay, Pantai Trikora, Bukit Pasir di Desa Busung, Desa Wisata Poyotomo dan Ekang Anculai yang ada di Kabupaten Bintan, serta Vihara Patung Seribu yang ada di Kota Tanjungpinang.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno rayakan malam tahun baru di Bintan

Ia juga menyatakan bahwa usulan bebas visa kunjungan (Visa on Arrival/VoA) yang diajukan Pemprov Kepri telah berada di meja Menteri Keuangan.

"Semoga bisa terwujud, sehingga menjadi kado tahun baru untuk Kepri dalam mendongkrak kunjungan wisman tahun ini," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Ansar Ahmad menyatakan kunjungan wisman ke Kepri hingga Oktober 2023 tembus di angka 1,2 juta lebih. Jumlah itu diperkirakan bertambah hingga penutup tahun 2023 ini.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), katanya, kunjungan wisman ke Kepri sampai akhir Desember 2023 tembus di angka 1,5 juta.

"Kita bersyukur karena pariwisata Kepri telah membaik dan berharap tidak ada lagi turbulensi ekonomi. Semoga pariwisata Kepri bisa terus meroket," ujar Ansar.

Baca juga: 500 atlet dari 35 negara meriahkan Bintan Triathlon 2023

Ia turut menyampaikan jika kunjungan wisman di Kepri tertinggi terjadi pada tahun 2019, di mana kunjungan wisman tembus di angka 2,967 juta kunjungan.

"Kita mesti mengejar itu kembali," ucap Ansar.

Gubernur Ansar juga meminta PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) selaku pengembang kawasan wisata terpadu Lagoi Bintan untuk membuka pelayaran ke Johor, Malaysia menuju Pelabuhan BBT yang ada di Lagoi.

"Mungkin satu sampai dua trip saja dulu dalam satu hari, karena teman-teman di Johor meminta seperti itu. Ini mengingat jika melalui Singapura, biaya perjalanan cukup mahal dan perjalanan yang panjang," demikian Ansar.
 

Pewarta: Ogen
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024