Penyambutan wisnus ini perdana dilakukan Pemkot Tanjungpinang, biasanya yang disambut cuma wisatawan mancanegara (Wisman)
Tanjungpinang (ANTARA) - Pemkot Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), menyambut kedatangan wisatawan nusantara (Wisnus) perdana 2024 melalui Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF).

"Penyambutan wisnus ini perdana dilakukan Pemkot Tanjungpinang, biasanya yang disambut cuma wisatawan mancanegara (Wisman)" kata Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Hasan saat menyambut wisnus di bandara RHF, Senin.

Kedatangan wisnus di pusat ibukota provinsi itu disambut meriah dengan budaya khas Melayu berupa tarian persembahan, pemasangan tanjak (topi khas Melayu) ditambah pengalungan bunga.

Dengan adanya acara penyambutan ini, wisnus diharapkan merasa senang dan nyaman ketika datang ke Tanjungpinang. Selain itu, juga sebagai ajang mempromosikan budaya lokal agar dapat menarik lebih banyak lagi wisnus berkunjung ke Kota Gurindam tersebut.

"Fokus kita bukan cuma meningkatkan kunjungan wisman, tapi menggaet kedatangan wisnus sebanyak-banyaknya," ujar Hasan.

Menurut dia, kunjungan wisnus turut berdampak positif terhadap perekonomian daerah, karena sebagian dari mereka yang datang ke Tanjungpinang, memang bertujuan untuk berlibur dan menginap di hotel-hotel yang ada di daerah setempat.

Jika hotel penuh, kata Hasan, tentu berimbas pada peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak perhotelan

"Wisnus juga pasti berbelanja seperti kuliner, sehingga berdampak pada pendapatan pelaku UMKM," ucap Hasan.

Salah seorang wisnus asal Jakarta, Nabila, mengaku senang dengan penyambutan yang dilakukan pemkot saat ia tiba di bandara RHF Tanjungpinang. Apalagi dibalut dengan budaya Melayu yang memberikan pengamalan baru baginya saat datang ke Tanjungpinang.

Nabila yang menumpang pesawat Batik Air dari Jakarta itu sudah beberapa kali datang ke Tanjungpinang untuk berlibur sekaligus mengunjungi saudaranya yang bekerja di daerah itu.

"Senang datang ke Tanjungpinang. Orangnya ramah dan makanannya pun enak-enak, seperti gonggong," kata Nabila.

Berdasarkan data Bandara RHF Tanjungpinang, Batik Air mengangkut 73 penumpang dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta, di mana 26 di antaranya ialah wisnus asal Jakarta, Surabaya hingga Bandung.

"Tadi sudah kita tanya, keperluan mereka ke Tanjungpinang, antara lain kunjungan keluarga, liburan, dan sebagian ada yang bekerja," kata EGM Bandara RHF Tanjungpinang, Agung Brahmantyo.

Baca juga: ASITA minta pemerintah dorong wisnus ke Tanjungpinang

Baca juga: Jalan baru menuju kelenteng Senggarang perkuat daya tarik wisata

Baca juga: Gubernur ingin Tanjungpinang jadi objek wisata city tour

Pewarta: Ogen
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024