Jakarta (ANTARA) - Kelompok musik rock asal California Amerika Serikat (AS) Green Day sengaja mengubah salah satu bagian pada lirik lagu milik mereka yaitu "American Idiot" ketika tampil dalam sebuah program televisi pada malam perayaan pergantian tahun.

Pada penampilan di set panggung Dick Clark’s New Year’s Rockin’ Eve malam itu, sang vokalis band yaitu Billie Joe Armstrong mengganti bagian verse kedua yang seharusnya berbunyi "I’m not a part of a redneck agenda” menjadi "I’m not a part of the MAGA agenda".

Alhasil, basis massa pencinta Green Day langsung berbondong-bondong membagikan potongan penampilan idola mereka di acara yang dipandu oleh Ryan Seacrest itu ke media sosial seperti dikutip dari The Guardian, Selasa.

Baca juga: Green Day, Fall Out Boy dan Weezer siap buat tur bersama tahun ini

MAGA adalah akronim dari Make America Great Agenda yang merupakan slogan dan gerakan politik yang dipopulerkan oleh Donald Trump pada musim kampanye pemilihan presiden AS tahun 2016 yang berkembang menjadi sebuah produk budaya populer. MAGA juga menjadi atribusi bagi basis kekuatan politik dan massa pendukung Trump.

Ini bukan kali pertama kelompok musik tersebut menargetkan Trump sebagai sasaran pandangan politik mereka. Sebelumnya, Green Day sempat mencemooh mantan Presiden AS tersebut pada acara American Music Awards tahun 2016. Mereka juga menanggapi dakwaan Trump pada bulan Agustus melalui kreasi pernak pernik band edisi terbatas yang menampilkan foto sang mantan presiden.

Kecaman musikal Green Day terhadap Trump itu juga terkait isu komite DPR AS yang tengah menyelidiki mantan presiden AS tersebut dalam upaya membalikkan kekalahan pada pemilu tahun 2020 dan serangan ke Capitol pada 6 Januari 2021 yang digagas oleh para pendukungnya.

Banyak kritikus juga telah memberikan sinyal mengenai kemungkinan pemerintahan Trump kedua yang bisa jadi jauh lebih buruk dari sebelumnya. Trump juga menghadapi kritik karena menggunakan bahasa yang menghasut, misalnya menyebut lawan sayap kirinya sebagai “hama”, mirip dengan retorika milik Adolf Hitler.

Lagu "American Idiot" awalnya dirilis untuk mengkritik mantan Presiden AS George Bush pada tahun 2004. Green Day sendiri akan merilis album baru yang digambarkan sebagai semacam pintu masuk menuju isi kepala band tersebut pada akhir bulan ini.

Baca juga: Green Day umumkan akan tur konser tahun depan

Baca juga: Louis Tomlinson & Greenday batalkan tur di Moskow


Baca juga: Green Day batalkan konser di Moskow akibat invasi Rusia

Penerjemah: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024