... bersyukur hari ini diwarnai dengan hujan berkah... "
Sentani, Papua (ANTARA News) - Meski dilanda hujan deras sejak subuh, pelaksanaan shalat ied di Kabupaten Jayapura, Papua, tetap berjalan dengan khusuk.

Beberapa pengurus masjid dan tempat-tempat umum yang dijadikan lokasi shalat Ied, Kamis pagi, mendirikan tenda untuk menampung warga yang tetap ingin sholat meskipun hujan.

Khusus di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, terdapat tiga titik yang dijadikan pusat untuk melaksanakan sholat ied, seperti lapangan Batalion Infantri 751/Raider, lapangan TNI AU setempat, dan Masjid Raya Sentani.

Meskipun hujan, warga yang hendak memenangkan puasanya selama satu bulan tetap bersemangat untuk mendatangi tempat melaksanakan sholat ied. Seperti Heru yang datang bersama dengan keluarga besarnya.

Heru yang memilih merayakan Idul Fitri di Papua mengatakan, biasanya pada tahun-tahun sebelumnya, pihaknya merayakan Lebaran di Jawa, tetapi tahun ini memilih untuk berlebaran dengan suasana baru.

"Di Papua sini juga masih bisa melaksanakan shalat Ied dan bersyukur hari ini diwarnai dengan hujan berkah," ujarnya kepada Antara di Sentani, Kamis.

Ia menuturkan suasana beragama di Papua sangat religius, semua agama bisa memeluk agamanya dengan bebas disini, padahal disini masih didominasi umat Kristiani. Tetapi, masih menghormati agama lainnya.

"Saya melihat banyak umat Kristiani masih membantu umat muslim yang hendak merayakan Idul Fitri, ini membuktikan toleransi beragama di Papua sangat tinggi," urainya.

Heru menambahkan, kemungkinan tahun depan dirinya akan memboyong keluarga besarnya untuk mencoba merayakan Idul Fitri di wilayah Kabupaten Jayapura, Papua ini. 

Pewarta: Hendrina Kandipi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013