Jakarta (ANTARA) - Gegap gempita deret musisi mancanegara siap meramaikan ragam panggung belantika industri musik tanah air. Hingga pertengahan tahun 2024 ini, beberapa musisi lintas-negara dan genre akan menyapa basis penggemar mereka di Indonesia. Invasi grup idola Negeri Ginseng bisa dipastikan masih menghinggut banyak panggung konser, selain pula jajaran musisi yang berasal dari benua Eropa dan Amerika.

Berikut ringkasan lengkap perihal rencana kedatangan sejumlah musisi mancanegara ke Indonesia, baik untuk menggelar konser atau sekadar menyapa penggemar.

Louis Tomlinson

Pihak promotor TGC Live mengumumkan bahwa mereka akan kembali memboyong mantan anggota One Direction yaitu Louis Tomlinson ke Jakarta dalam sebuah tur album solo sang penyanyi bertajuk “Faith in the Future”.
Mantan anggota One Direction yaitu Louis Tomlinson datang ke Jakarta dalam sebuah tur album "Faith in the Future" pada 24 Januari di Beach City International Stadium, Ancol. (ANTARA/louistomlinsonjakarta.com)


Louis dijadwalkan tampil pada 24 Januari di Beach City International Stadium, Ancol yang merupakan salah satu rangkaian dalam tur dunia sang penyanyi sejak Mei 2023 lalu di benua Amerika.

Rencana kedatangan kedua Louis ke Indonesia ini menjadi amat istimewa karena konser kali ini menjadi satu-satunya titik perhentian dia di Asia. Sebelumnya, Louis sempat menyapa para penggemarnya lewat sebuah konser bertajuk “Louis Tomlinson World Tour 2022”.

LUCY

Kemudian, ada grup band Korea Selatan LUCY yang rencananya tampil di hadapan penggemar melalui konser solo perdana di Jakarta bertajuk "The 1st INDONESIA Concert WE ARE LANDING" di Balai Sarbini, 6 Januari.

Sebelum menyambangi Indonesia, LUCY yang beranggotakan violinist Shin Yechan (pemimpin grup), gitaris dan vokalis Choi Sangyeop, bassis dan vokalis Cho Wonsang, dan drummer sekaligus vokalis Shin Gwangil itu telah mengadakan konser dengan tema yang sama di Taipei pada bulan September 2023.

"Kami berharap dapat memberikan kekuatan kepada orang-orang yang mengatasi 'demam' untuk apa pun yang ingin mereka dapatkan atau capai. Kami mencoba membandingkan 'demam' dengan rasa sakit yang tumbuh dan musim panas," kata Shin Gwangil dalam wawancara dengan media Korea Selatan.

Baca juga: Cerita Young K DAY6 di Jakarta

Baca juga: IVE masukkan Indonesia dalam rangkaian tur konser dunia perdana


The Rose

Serbuan musisi asal Korea berlanjut. Rencananya, band rock indie asal Korea Selatan The Rose akan kembali ke Jakarta melalui konser solo mereka bertema "DAWN TO DUSK TOUR" pada 20 Januari di The Kasablanka Hall, Jakarta.

Konser tersebut merupakan kelanjutan dari tur konser bertema serupa di Amerika dan Kanada. Penampilan di Jakarta nantinya menjadi pembuka untuk tur konser di Asia dan Eropa mereka tahun ini.

Setelah Jakarta, The Rose dijadwalkan tampil di kota Asia lainnya antara lain Manila dan Seoul, dilanjutkan sekitar 16 kota di Eropa seperti Hamburg, Berlin, Copenhagen, Oslo, dan Milan.

Konser di Jakarta tahun ini hanya berselang sekitar setahun sejak penampilan perdana grup beranggotakan Kim Woo-sung, Park Do-joon, Lee Ha-joon, dan Lee Jae-hyeong itu di hadapan para penggemar yang disapa Black Rose di Indonesia pada 6 Januari 2023.

WayV

Bergeser dari Korea, giliran grup idola yang berbasis di China WayV akan kembali ke Jakarta untuk mengadakan acara pemberian tanda tangan untuk album “On My Youth” kali pertama pada 22 Januari.

Penyelenggara acara yakni Lumina Entertainment, Lumina Shop, dan SM Entertainment membuka penjualan album sejak 18 Desember 2023 hingga 18 Januari pukul 23:59.

Album yang dijual terbagi dalam dua jenis, yaitu album single seharga Rp390.000 dan album paket (satu paket berisi enam album dengan enam photocard berbeda) seharga Rp2.300.000. Harga tersebut sudah termasuk pengiriman dari Korea Selatan ke Indonesia dan pengiriman ke alamat tujuan.

Para penggemar WayV atau disapa WayZenNi berkesempatan untuk melakukan sesi tanda tangan, grup foto, hi-bye, dan menghadiri acara ini dengan membeli album di shop.luminaent.com selama periode penjualan.

Untuk mengikuti undian sesi tanda tangan, WayZenNi dapat memilih member WayV yang mereka inginkan saat membeli album. Sedangkan untuk mendapat kesempatan grup foto bersama seluruh member WayV, penggemar yang membeli album dengan jumlah terbanyak akan dipilih untuk mengikuti sesi ini.

Yoasobi

Masih pada bulan Januari, unit duo asal Jepang Yoasobi secara perdana akan tampil di Singapura, Malaysia, dan tentu saja Indonesia. Yoasobi yang beranggotakan komposer Ayase dan vokalis Ikura siap manggung di Jakarta pada 16 Januari di Istora Senayan dengan dukungan dari promotor PK Entertainment.
Unit duo asal Jepang Yoasobi yang beranggotakan komposer Ayase dan vokalis Ikura siap manggung di Jakarta pada 16 Januari di Istora Senayan. (ANTARA/yoasobiinjakarta.com)


Lagu debut Yoasobi yaitu “Into The Night” kali pertama meluncur pada 2019 dan langsung meroket ke jajaran tangga teratas pemutaran digital di Jepang dan beberapa negara lain. Lagu tersebut berada pada puncak Billboard JAPAN Comprehensive Song Chart/Streaming Song Chart tahun 2020 dan melewati capaian 1 miliar pemutaran untuk kali pertama di Jepang pada September 2023.

Bulan Juni tahun lalu, Yoasobi menyelesaikan tur arena perdana yang sukses menarik total 130.000 penonton. Melalui penampilan luar biasa tersebut, Yoasobi telah memperkuat status mereka sebagai salah satu musisi papan atas di ranah J-POP, memikat penonton di seluruh dunia, sekaligus menyebarkan pengaruh mereka secara global.

Baca juga: Vokalis BMTH ungkap alasan hentikan konser di Jakarta

Baca juga: Yesung tutup konser solo di Jakarta dengan lagu "I am"


Jonas Brothers

Beranjak ke bulan Februari, kelompok musik pop Jonas Brothers akan menyapa penggemar di Indonesia lewat sebuah konser bertajuk "The Tour" pada Sabtu, 24 Februari di ICE, BSD City.

Nick, Kevin dan Joe akan tampil untuk kali pertama di Indonesia dalam rangkaian tur Asia mereka. Penjualan tiket konser yang dipromotori oleh Color Asia Live ini akan mulai tersedia pada 6 Januari melalui laman www.jonasbrothersjakarta.com mulai pukul 10.00 WIB.

Sebagai salah satu grup paling sukses pada abad ke-21, Jonas Brothers telah menjual lebih dari 20 juta album dan terus bertambah, meraih dua nominasi GRAMMY Award, meraih 26 hit lagu di Billboard Hot 100, serta tercatat meraih tiga kali berturut-turut posisi #1 di Billboard 200. Trio bersaudara ini juga telah menghasilkan miliaran pemutaran digital dari lagu-lagu mereka.

"Color Asia Live sangat senang dapat membawa Jonas Brothers ke Indonesia. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk menjadi bagian dari sejarah karena Jonas Brothers akan mengguncang panggung Asia hanya di Indonesia & Filipina pada tahun 2024," kata Managing Director Color Asia Live David Ananda.
 
Kelompok musik pop Jonas Brothers akan menyapa penggemar di Indonesia lewat sebuah konser bertajuk "The Tour" pada Sabtu, 24 Februari di ICE, BSD City. (ANTARA/jonasbrothersjakarta.com)


Jonas Brothers melejit lewat "Single Pop Airplay #1 terlama di tahun 2019" dan menerima nominasi Penghargaan GRAMMY dalam kategori "Penampilan Duo/Grup Pop Terbaik." Berada di posisi #1 di Billboard 200, album "Happiness Begins" secara mengesankan mencetak "minggu penjualan terbesar di tahun 2019 pada saat peluncuran" dan mendapatkan Double-Platinum untuk lagu "Only Human" dan meraih Platinum untuk lagu "Cool."

"The Tour" akan mencakup jadwal konser di stadion dan arena di seluruh dunia hingga tahun 2024 yang akan menjadi tur terbesar bagi band hingga saat ini. Pada tahun ini, "The Tour" akan melanjutkan perjalanan keliling dunia yaitu Asia (Indonesia dan Filipina), Australia, Selandia Baru, Polandia, Austria, Republik Ceko, Irlandia Utara, Hamburg, Lyon, Munich, dan Norwegia.

Jeff Bernat

Bulan Maret menjadi cukup riuh karena beberapa musisi akan menyambangi Jakarta untuk menyapa basis penggemar mereka. Misalnya musisi dan penulis lagu peraih banyak penghargaan bergengsi dunia berdarah Filipina-Amerika yaitu Jeff Bernat yang perdana mampir ke Jakarta dalam rangkaian tur Asia 2024.

Pihak promotor Otello Asia dan TGC Live yang memboyong Jeff Bernat menginformasikan bahwa sang musisi akan tampil pada Minggu 3 Maret di Bengkel Space SCBD, Jakarta. Harga tiket konser pelantun lagu "Once Upon A Time”, "Call You Mine", "Still”, dan "Changes" itu dibanderol sebesar Rp690 ribu untuk kategori penonton berdiri.

Baca juga: Chris Martin Coldplay: Boleh dong pinjam seratus

Jeff Satur

Sementara itu dari negeri jiran, musisi asal Thailand Jeff Satur akan kembali ke Indonesia dalam perhelatan yang menjadi bagian dari tur Asia bertema "Space Shuttle No.8" pada 4 Maret di The Kasablanka Hall, Jakarta.

Jeff Satur adalah sosok bertalenta yang penuh bakat, bukan hanya sebagai penyanyi, penulis lagu, produser, multi-instrumentalis, namun juga aktor. Dia menggabungkan campuran genre yang segar dan modern seperti pop, R&B, rock, hip-hop, dan karakter musik tahun '80-an.
Musisi asal Thailand Jeff Satur akan kembali ke Indonesia dalam perhelatan yang menjadi bagian dari tur Asia bertema "Space Shuttle No.8" pada 4 Maret di The Kasablanka Hall, Jakarta. (ANTARA/jeffsaturinjakarta.com)


Jeff memiliki delapan single yang dirilis di bawah bendera Warner Music Thailand sejak November 2021 dan mengumpulkan 361 juta streaming hingga saat ini. Setelah mengadakan acara di Singapura dan Bangkok, Jeff juga telah meninggalkan jejaknya di panggung internasional dengan tampil di Brasil di Asia Stars Festival.

Jeff Satur sebelumnya mengadakan konser pertamanya di Indonesia dalam tajuk "LIVE ON SATURN" pada 4 Februari 2023. Dalam konser kala itu, dia menyanyikan lagu-lagu sendiri, lagu milik penyanyi Tulus yakni "1000 Tahun Lamanya", serta lagu grup idola K-pop NewJeans yaitu "Hype Boy' sembari menirukan koreografi lagu.

Tom Jones

Melintasi benua dan samudera, musisi asal Britania Raya Tom Jones mengumumkan akan menyambangi Indonesia untuk tur konser bertajuk “Ages & Stages Asia Tour 2024” pada 8 Maret di Grand Ballroom Hotel Mulia Senayan, Jakarta Pusat.

Jones akan menampilkan karya-karya hit miliknya untuk penggemar di Jakarta dengan PK Entertainment sebagai promotor untuk gelaran konser ini.

Terdapat empat kategori tiket yang dapat dibeli oleh penonton untuk konser Tom Jones, yakni kategori VIP dibanderol seharga Rp5,65 juta, Diamond sebesar Rp4,5 juta, Gold dengan Rp3,5 juta, dan Silver sebesar Rp2,5 juta.
Musisi asal Britania Raya Tom Jones mengumumkan akan menyambangi Indonesia untuk tur konser bertajuk “Ages & Stages Asia Tour 2024” pada 8 Maret di Grand Ballroom Hotel Mulia Senayan, Jakarta Pusat (ANTARA/tomjonesinjakarta.com)


Tom Jones merupakan salah satu talenta vokal terbaik Inggris sepanjang masa. Dengan karier musik yang telah digeluti selama lebih dari 60 tahun ini, ia berhasil menjual lebih dari 100 juta rekaman, memiliki 36 hit di Top 40, dianugerahi Music Industry Trust Award yang bergengsi, dan menerima banyak penghargaan di ajang Grammy.

Selain Jakarta, Tom Jones juga akan singgah ke sejumlah negara di Asia untuk “Ages & Stages Asia Tour 2024”, yakni Kuala Lumpur, Singapura, Taipei, Bangkok, dan Hong Kong.

Baca juga: JCO bawakan 25 lagu untuk konser "An Anime Symphony"

Baca juga: The Rose bakal kembali ke Jakarta awal tahun depan


Ed Sheeran

Sementara itu rekan senegara Jones yaitu penyanyi dan penulis lagu asal Inggris Ed Sheeran akan membawa tur rekor dunianya yang bertajuk "+ - = ÷ x" (dibaca: Mathematics Tour) ke Jakarta pada tanggal 2 Maret di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Rangkaian tur Asia ini akan menjadi kali pertama sejak konser tahun 2019. Konser ini juga akan menghadirkan penampilan istimewa dari salah satu jebolan Britain's Got Talent yaitu Calum Scott.
Penyanyi dan penulis lagu asal Inggris Ed Sheeran akan membawa tur rekor dunianya yang bertajuk "+ - = ÷ x" (dibaca: Mathematics Tour) ke Jakarta pada tanggal 2 Maret di Stadion Utama Gelora Bung Karno. (ANTARA/edsheeraninjakarta.com)


Tahun ini, Ed Sheeran telah merilis dua album, yang bertajuk "-" (dibaca: Subtract) dan "Autumn Variations". Kedua album tersebut berhasil mencapai peringkat 1 di seluruh dunia. Dirilis pada bulan Mei dan September, pengerjaan dua album tersebut melibatkan Aaron Dessner dari The National.

Tiket konser Ed Sheeran: +-=÷x Tour 2024 in Jakarta memiliki rincian harga mulai Rp900.000 untuk kategori Green, hingga harga Rp5.000.000 untuk kategori kursi Pink.

Chanyeol

Masih pada bulan yang sama, penyanyi idola sekaligus penulis lagu Park Chan-yeol atau Chanyeol dari grup K-pop EXO akan menyapa para penggemar di Indonesia melalui acara fan meeting dan concert (fancon) bertema "The Eternity" pada 9 Maret.

Tur "The Eternity" di Asia dimulai dari Taoyuan (Tiongkok) kemudian Bangkok, Hong Kong, Jakarta (ICE BSD City), Kuala Lumpur, dan Makau.

Tiket acara terbagi menjadi empat kategori yakni VIP yang dibanderol Rp2.700.000, Cat 1 seharga Rp2.350.000, Cat 2 dengan harga Rp1.850.000 dan Cat 3 yang dijual dengan harga Rp1.400.000. Penjualan tiket akan dilakukan pada 12 Januari 2024 pukul 13:00 WIB melalui tiket.com.

Chanyeol sebelumnya bersua beberapa kali dengan para penggemar atau disapa EXO-L di Indonesia. Tahun lalu antara dia menghadiri acara yang digelar jenama produk perawatan kulit lokal bersama rekan-rekannya di EXO dan bersama Sehun kala mengadakan acara "EXO-SC BACK TO BACK FANCON”.

Tahun 2019, Chanyeol bersama personel EXO lainnya mengadakan konser bertajuk "EXO PLANET #5 - EXplOration". Konser itu tak dihadiri tiga personel grup yakni D.O., Xiumin dan Lay.

Niall Horan

Pihak promotor Sound Rhythm resmi mengumumkan rencana konser salah satu bintang dunia yang menduduki puncak tangga lagu yakni Niall Horan dalam tur yang berlabel "The Show Live on Tour 2024 in Jakarta, Indonesia" di Beach City International Stadium, Ancol, Sabtu 11 Mei.

Baca juga: Rajawali Indonesia hadirkan konser Diana Krall bagi penggemar jazz

Konser kali ini merupakan rangkaian tur terbesar sang mantan anggota One Direction itu, sekaligus tur pertamanya sejak konser "Flicker World Tour 2018". Pada konser nanti, penyanyi asal Mullingar, Irlandia itu akan membawakan semua lagu dari ketiga album solonya, termasuk materi album terbarunya "The Show".
Niall Horan akan menggelar tur yang berlabel "The Show Live on Tour 2024 in Jakarta, Indonesia" di Beach City International Stadium, Ancol, Sabtu 11 Mei. (ANTARA/niallhoranjakarta.com)


Niall baru saja merilis single berjudul "The Show", "Meltdown" dan "Heaven" yang diambil dari album terbarunya 'The Show". Dirilis pada 9 Juni 2023, album tersebut merupakan studio album ketiga yang menggambarkan sebuah meditasi secara mendalam Niall Horan tentang segala hal, dari kesehatan mental hingga kompleksitas serta ketidakpastian cinta yang tak terbatas.

Konser tur dunia Niall Horan akan dimulai pada 20 Februari 2024 di Belfast, Inggris di SSE Arena. Rangkaian tur di Inggris dan Irlandia mencakup Dublin, Birmingham, Cardiff, Manchester, dan pertunjukan di OVO Arena Wembley, London.

DAY6

Bulan Mei juga masih akan diramaikan oleh grup band Korea. Setelah lima tahun lamanya tidak ke Indonesia, grup band asal Korea Selatan DAY6 akan segera menyapa penggemar di Beach City International Stadium Jakarta pada 4 Mei dalam acara festival musik Saranghaeyo Indonesia (SHI) 2024.

“Saranghaeyo Indonesia 2024 - Line Up ketiga: DAY6! MY DAY (nama penggemar DAY6), waktu menunggu telah selesai! Pangeran kita DAY6 telah kembali ke Jakarta untuk pertama kalinya setelah 5 tahun. Antusias untuk bernyanyi bersama dengan semuanya, sampai jumpa di SHI 2024!” tulis promotor acara Mecimapro, melalui akun X resmi.

DAY6 menjadi daftar penampil ketiga yang resmi diumumkan Mecimapro setelah mengumumkan dua penampil lainnya. Selain DAY6, Young K DAY6 juga akan tampil sebagai penyanyi solo sekaligus grup idola pria Boy Story di SHI 2024.

Saat 2019 lalu, DAY6 terakhir tampil di Indonesia dalam tur dunia mereka bertajuk “GRAVITY”. Di tahun 2020, DAY6 juga sempat diumumkan sebagai salah satu penampil di festival musik Head In The Clouds Jakarta, namun karena pandemi acara itu terpaksa dibatalkan.

DAY6 akhirnya dapat tampil bersama kembali setelah dua tahun lamanya hiatus sejenak karena wajib militer yang dilakukan keempat anggota DAY6, yakni Sungjin, Young K, Wonpil, dan Dowoon. Tahun 2023 menjadi awalan baru bagi mereka setelah menuntaskan tugas negara tersebut.

Baca juga: Promotor siapkan ragam spot foto menarik di konser TWICE Jakarta

IVE

Pada bulan kemerdekaan, grup idola K-pop IVE memasukkan Indonesia sebagai salah satu lokasi yang akan mereka kunjungi dalam rangkaian tur konser dunia pertama merek bertema "SHOW WHAT I HAVE”.

Awalnya, IVE akan menggelar konser di Jakarta pada 13 dan 14 Januari 2024 di ICE BSD City. Tetapi rencana itu mesti mundur ke Sabtu 24 Agustus dengan lokasi yang tidak berubah, seperti diungkapkan oleh pihak promotor Mecimapro.
Grup idola K-pop IVE menggelar rangkaian tur konser dunia pertama merek bertema "SHOW WHAT I HAVE" pada 24 Agustus di ICE BSD City. (ANTARA/mecimashop.com)


Setelah Indonesia, IVE akan mengunjungi wilayah lainnya antara lain Bangkok (Thailand), Osaka (Jepang), Kuala Lumpur (Malaysia), Singapura, Taipei (Taiwan), Amsterdam (Belanda), London (Inggris Raya), Meksiko City (Meksiko), Manila (Filipina), dan Sydney (Australia).

Promotor acara mengumumkan tiket konser IVe tersedia dalam delapan kategori yang dijual mulai harga Rp1,2 juta hingga Rp3,5 juta dengan semua kategori tiket duduk.

Personel IVE belum lama ini berkolaborasi dengan personel grup (G)I-DLE dan aespa untuk single berjudul "NOBODY". Artis BIG HIT MUSIC EI CAPITXN dan penulis lirik Seo Ji-eum juga berpartisipasi dalam single itu.

Baca juga: DAY6 akan sapa penggemar Indonesia di SHI 2024

Baca juga: Penampilan bintang mancanegara pada 2023 di Indonesia, ada siapa saja?

Baca juga: Intip gaya busana anggota TWICE saat tampil di Jakarta

Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024