Supaya kita bisa berikan sanksi administratif
Jakarta (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum Jakarta Barat (Bawaslu Jakbar) dan pengurus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) segera membahas tentang baliho calon legislatif (caleg) yang jatuh menimpa pengendara di Kembangan, Jakarta Barat pada Selasa (26/12).

"Pada hari kejadian, kita sudah ada komunikasi. Besok (3/1) rencananya mereka akan berkunjung ke kita untuk bahas masalah baliho itu," kata Koordinator Divisi Pencegahan dan Pengawasan Humas dan Hubungan antara Lembaga Bawaslu Jakbar, Abdul Rouf saat ditemui di Jakarta, Selasa.

Rouf mangatakan bahwa pertemuan tersebut diagendakan untuk memastikan baliho-baliho partai politik tersebut tidak dipasang pada tempat-tempat yang membahayakan keselamatan masyarakat, terutama di pinggir jalan.

"Pertemuan kita itu menyusul kejadian di Kembangan pada Selasa (26/12) dan kejadian serupa oleh baliho PSI juga di Tambora satu minggu sebelum kejadian di Kembangan," kata Rouf. 

Secara umum, kata Rouf, pemasangan baliho di Kembangan dan Tambora yang membahayakan pengguna jalan memang tidak melanggar Pasal 70 Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu.

Baca juga: Pemasangan APK pada tiang listrik masuk pemetaan pelanggaran

"Tetapi lebih risiko yang ditimbulkan bagi warga, khususnya pengguna Jalan. Misalnya baliho yang kurang kuat dipasang, kemudian roboh oleh angin itu berbahaya," kata Rouf.

Rouf mengatakan bahwa PSI hanya merupakan percontohan karena berangkat kejadian yang sudah terjadi, namun hasil pembahasannya nanti akan berlaku bagi semua partai politik yang memasang baliho di tempat-tempat yang membahayakan keselamatan warga.

"Itu karena sudah ada kejadiannya, kita jadikan PSI sebagai 'sampling' (percontohan). Tapi nanti imbauan untuk semua parpol. Itu banyak di pinggir-pinggir jalan," kata Rouf.

Lebih lanjut, kata Rouf, pertemuan tersebut juga bertujuan untuk mengevaluasi pemasangan-pemasangan baliho yang berbahaya.

Pihaknya juga siap memberikan pemetaan baliho berbahaya kepada parpol bersangkutan untuk kebutuhan penyisiran.

Baca juga: Dandim Jakarta Selatan tekankan kawasan TNI bebas dari APK 

"Kita juga evaluasi biar bisa disisir kembali. Kalau memang butuh pemetaan dari kita, akan kita lakukan. Intinya pemasangan baliho-baliho yang berbahaya itu disisir dan bisa dipindahkan," kata Rouf.

Lebih jauh, pertemuan tersebut juga untuk membahas adanya dugaan pelanggaran dalam kejadian Kembangan dan Tambora beberapa waktu lalu.

"Jadi, besok juga kita bahas soal potensi adanya pelanggaran dalam kejadian yang Kembangan. Supaya kita bisa berikan sanksi administratif, seperti teguran dan lainnya. Untuk hukum yang lebih, seperti pidana, itu ranah kepolisian," kata Rouf.

Sebelumnya, kejadian tersebut terekam CCTV dan diunggah oleh akun Instagram @warga.jakbar pada Jumat (29/12) sekitar pukul 15.00 WIB.

Dalam video tersebut, tampak seorang pengendara tertimpa baliho dari sebelah kiri bahu jalan.

Baca juga: Bawaslu Jakbar fokus lakukan pemetaan pelanggaran APK

Baliho tersebut sobek hingga tersangkut pada badan pengendara. Baliho yang tersangkut tersebut pun terseret hingga menyebabkan dua motor di belakangnya juga terjatuh.

Pengendara yang terkena baliho mengalami luka dan dibawa ke klinik terdekat.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024