Jakarta (ANTARA/JACX) – Tebing di Jalan Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang, dikabarkan longsor. 

Material longsor di jalan penghubung antara Bandung dan Cirebon ini pun disebut menimpa beberapa mobil yang sedang melintas.

Informasi itu ramai dibagikan melalui Facebook, dua hari berselang terjadinya gempa bumi dengan magnitudo 4,8 di Kabupaten Sumedang, yakni pada 31 Desember 2023.

Belasan rekaman gambar selama dua menit, awalnya memperlihatkan antrean kendaraan yang ada di sebuah jalan raya. 

Setelah ditelusuri, ternyata kemacetan tersebut disebabkan oleh jalan raya yang tersendat akibat terhalang dua mobil yang tertimpa longsor.

"Hati" yg perpegian jauh yg lewat cadas pangeran longsor tiba"semoga Allah melindungi kita semua aminn," demikian isi salah satu keterangan yang disematkan pada video di Facebook itu.

Lalu, benarkah longsor terjadi di Jalan Cadas Pangeran Sumedang?
 
Tangkapan layar video berisi narasi yang menyatakan terjadi longsor di Jalan Cadas Pangeran Sumedang hingga menimpa mobil  (Facebook)


Penjelasan:
Kapolsek Pamulihan Iptu Tri Sunu Suparjianto membantah rumor soal longsor yang terjadi di jalan raya Cadas Pangeran Sumedang. Tak ditemukan longsor sepanjang jalan Cadas Pangeran.

Iptu Tri Sunu Suparjianto menjelaskan video viral di media sosial itu aslinya adalah kejadian pada 2022.

Rekaman longsor kala itu, dibagikan kembali oleh orang yang tidak bertanggungjawab, sehingga kini informasi tersebut menjadi hoaks.

"Menindaklanjuti adanya vidio yang viral beredar di media sosial terkait adanya longsor di jalur jalan raya Cadas Pangeran Sumedang, sekira jam 13.00 WIB, telah dilaksanakan monitoring. Baik jalan atas maupun bawah jalan Cadas Pangeran terpantau aman dan kondusif," demikian keterangan resmi yang dirilis Polres Sumedang melalui akun Facebooknya pada 2 Januari 2024.

Klaim: Longsor di Jalan Cadas Pangeran Sumedang timpa mobil 
Rating: Hoaks



Baca juga: Pj Bupati Sumedang pastikan kebutuhan logistik korban gempa terpenuhi

Baca juga: Pemkab Sumedang: Tiga wilayah terdampak gempa cukup parah

Cek fakta: Hoaks! Video "chemtrails" di Depok, Cirebon, Sumedang, hingga Aceh






   

 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024