beliau dalam keadaan sehat dan banyak beribadah, sampai sudah dua kali khatam Al Qur`an."
Pekanbaru (ANTARA News) - Meski berstatus menjadi tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta, Gubernur Riau, Rusli Zainal, agaknya belum kehilangan pamor karena masih menerina puluhan tamu dan kerabat, Jumat.

Sejak pagi di Lebaran hari kedua,  puluhan tamu dan kerabat berdatangan ke tahanan KPK untuk bersilaturahim dengan Rusli Zaenal.

Bahkan, salah seorang di antara tamu adalah Sekretaris DPRD Provinsi Riau, Zulkarnain Kadir, yang menyatakan menempuh perjalanan pulang pergi Pekanbaru-Jakarta dalam setengah hari untuk bersilaturahim Lebaran dengan Rusli Zainal.

"Saya sendiri saja, berangkat pagi ke Jakarta dan siang langsung kembali lagi ke Pekanbaru," kata Zulkarnain ketika dihubungi ANTARA News dari Pekanbaru, Riau.

Ia mengatakan, selama dua jam berkesempatan bersilaturahim dengan Rusli Zainal, yang akrab dengan sapaan RZ, sejak pukul 09.00  WIB.

Di dalam tahanan juga terlihat sejumlah pejabat, seperti Kepala Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Riau, Joni Irwan, berserta isteri, istri Rusli Zainal, Septina Primawati, serta ibu mertuanya, Ruslaini Suko.

"RZ paling ramai tamunya, di samping keluarga serta kerabat-kerabat yang di Jakarta. Dan, rata-rata tamu RZ bawa makanan, seperti lontong dan lainnya, sehingga makanan di bagi-bagi buat keluarga yang besuk lainnya," katanya.

Menurut dia, RZ menyampaikan salam khusus untuk seluruh masyarakat Riau yang disampaikannya dari dalam tahanan KPK.

"Beliau menyampaikan salam ke masyarakat Riau, dan mohon maaf lahir batin," ujar Zulkarnain menirukan pesan dari RZ.

Menurut dia, RZ terlihat segar dan sehat di dalam tahanan. Pria asal Indragiri Hilir itu menerima tamu-tamunya mengenakan baju lengan panjang warna putih yang dipadukan dengan celana bahan warna hitam dan kopiah.

Menurut dia, RZ selama di tahanan untuk mengisi waktu khususnya di bulan Ramadhan dengan lebih banyak beribadah dan berulangkali menamatkan (khatam) membaca Al Qur`an.

"Yang jelas, beliau dalam keadaan sehat dan banyak beribadah, sampai sudah dua kali khatam Al Qur`an," katanya.

Ia mengemukakan, saat Lebaran RZ menjalankan ibadah Shalat Idul Fitri bersama tahanan lainnya di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang, Jakarta Timur.

KPK menahan RZ sejak 14 Juni 2013. Ia menjadi tersangka dua kasus sekaligus, yakni dugaan suap Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Riau dan kasus korupsi kehutanan.

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013