Target Kementerian Perhubungan untuk Bandara Komodo sebesar 700 ribu lebih penumpang untuk tahun 2023, tetapi kita sudah melebihi target
Manggarai Barat, NTT (ANTARA) - Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Komodo Labuan Bajo, Manggarai Barat, Ceppy Triono menyebutkan, pihaknya melayani sebanyak 873.107 penumpang pesawat udara sepanjang tahun 2023.

"Target Kementerian Perhubungan untuk Bandara Komodo sebesar 700 ribu lebih penumpang untuk tahun 2023, tetapi kita sudah melebihi target, artinya naik cukup signifikan," kata Ceppy saat ditemui di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu.

Dia merinci sepanjang tahun 2023 total penumpang yang tiba di Bandara Komodo Labuan Bajo sebanyak 446.518 penumpang, sedangkan untuk penumpang yang berangkat sebanyak 426.589 penumpang.

"Untuk yang transit sebanyak 41.500 penumpang. Pergerakan penumpang yang tiba di bandara paling sedikit di bulan Februari hanya 18.954 penumpang dan yang berangkat 17.742 penumpang, sedangkan pergerakan penumpang terbanyak tercatat pada Agustus, jumlah penumpang tiba hingga 52.217 penumpang dan yang berangkat 53.128 penumpang," jelasnya.

Menurut dia, kenaikan jumlah penumpang Bandara Komodo Labuan Bajo tidak lepas dari berbagai agenda nasional dan internasional yang diselenggarakan di Labuan Bajo sepanjang 2023.

Baca juga: BPOLBF perbanyak event nasional di Labuan Bajo tingkatkan wisatawan

Baca juga: Menparekraf katakan ada maskapai jajaki penerbangan langsung ke Labuan Bajo


"Yang paling utama adalah KTT Ke-42 ASEAN.  KTT ini dilihat seluruh dunia, kemudian keindahan komodo terpampang jelas di setiap media asing yang membuat orang ingin tahu terkait Labuan Bajo, komodo dan tempat wisata lainnya," katanya.

Menurut dia, selain atraksi wisata di Labuan Bajo yang menarik, kampanye dan promosi pariwisata lewat berbagai ajang nasional dan internasional membuat Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super prioritas diminati wisatawan nusantara dan mancanegara.

"Di bulan Agustus saat puncak kunjungan orang-orang libur sekolah baik di luar dan dalam negeri, sehingga sampai 100 ribu lebih penumpang yang datang dan pergi melalui bandara Komodo, artinya bukan tanpa sebab jumlah penumpang bisa naik, karena di tahun 2022 jumlah penumpang hanya 600 ribuan orang," katanya.

Baca juga: LPEI dan BCA salurkan Rp1,05 triliun, kembangkan marina Labuan Bajo

Baca juga: Pelni Labuan Bajo tambah rute dan kuota penumpang libur akhir tahun

 

Pewarta: Gecio Viana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024