Untuk mencapai 1 juta penumpang, sekarang saja (2023) sudah sampai 860 ribu penumpang. Saya yakinlah kalau capai 1 juta penumpang di 2024 tidak terlalu sulit untuk mencapai itu
Labuan Bajo (ANTARA) - Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Komodo Labuan Bajo, Ceppy Triono menyatakan optimistis target 1 juta penumpang di 2024 tercapai.

"Untuk mencapai 1 juta penumpang, sekarang saja (2023) sudah sampai 860 ribu penumpang. Saya yakinlah kalau capai 1 juta penumpang di 2024 tidak terlalu sulit untuk mencapai itu," katanya di Labuan Bajo, Jumat.

Dia menjelaskan untuk mencapai target kunjungan yang juga telah disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno dalam kunjungannya pada 5 Desember 2023 itu pengelola bandara melakukan berbagai peningkatan infrastruktur.

Peningkatan infrastruktur yang akan dilakukan yakni melakukan peningkatan fasilitas landasan pacu (runway) agar dapat didarati pesawat berkapasitas besar.

"Untuk mencapai target 1 juta kunjungan di tahun ini kita sudah meningkatkan infrastruktur dimana panjang runway saat ini 2.650 meter nantinya akan ada pengerjaan 100 meter sehingga di akhir 2024 kita sudah memiliki panjang landasan 2.750 meter," katanya.

Peningkatan infrastruktur lainnya, kata dia, yakni menambah kapasitas apron Bandara Komodo Labuan Bajo,sehingga dapat menampung pesawat yang lebih besar dan lebih banyak.

"Tambah luasan apron. Kalau sekarang hanya mampu (tampil) 7 pesawat, mau rencana tambah 100 m × 100 m," jelasnya.

Dia juga menambahkan kapasitas terminal Bandara Komodo Labuan Bajo saat ini dapat menampung 1.1 juta penumpang.

Dia menjelaskan Bandara Komodo Labuan Bajo sempat berstatus bandara internasional saat penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42, saat ini telah kembali ke status bandara domestik.

Upaya peningkatan status bandara diakui merupakan kerja kolektif semua pihak dan melibatkan lintas kementerian dan lembaga seperti pihak imigrasi, bea cukai dan karantina.

"Status sekarang kita masih bandara domestik, tapi akan menuju internasional, akan tetapi kami aminkan euforianya, ini jadi pemicu semangat kami," katanya.

Baca juga: Bandara Komodo Labuan Bajo layani 873.107 penumpang sepanjang 2023

Baca juga: Bandara Komodo Labuan Bajo waspadai debu vulkanik erupsi Lewotobi

Baca juga: Menhub ingin standar layanan Bandara Komodo berlanjut usai KTT ASEAN

 

Pewarta: Gecio Viana
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024