Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rahayu Saraswati, optimistis Prabowo Subianto mampu menguasai materi debat pilpres ketiga dengan tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik yang akan berlangsung pada Minggu (7/1).

“Saya rasa semuanya beliau (Prabowo) sudah sangat memahami. Beliau sangat paham. Ini tinggal beliau tampil saja dan menyampaikan apa yang menjadi gagasan dan juga pemahaman beliau,” kata Rahayu saat dijumpai di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Mahfud yakin Ganjar siap ikuti debat ketiga capres soal pertahanan

Baca juga: Timnas AMIN pastikan Anies akan tampil maksimal pada debat ketiga


Lebih lanjut, ia menilai kepercayaan yang diberikan Presiden Joko Widodo kepada Prabowo untuk menjabat sebagai Menteri Pertahanan karena Prabowo ahli dalam dunia militer dan pertahanan.

Dia menyebut, hal tersebut juga menjadi modal penting bagi calon presiden (capres) nomor urut 2 itu   untuk menyampaikan gagasannya dalam debat nanti.

“Pak Prabowo diberikan tugas, amanah, dan tanggung jawab yang sangat luar biasa oleh Presiden Joko Widodo. Presiden Joko Widodo memahami bahwa Pak Prabowo adalah ahlinya. Itu karena pengalaman beliau di militer,” ujarnya.

Selain itu, dalam bidang pertahanan, Rahayu menilai Prabowo berhasil selama menjadi Menteri Pertahanan pada masa kepimpinan Presiden Joko Widodo.

Dia mengatakan, salah satu keberhasilan Prabowo adalah  pengadaan alat utama sistem pertahanan atau alutsista dengan harga yang terjangkau.

“Prabowo memahami alutsista yang betul-betul dibutuhkan. Alutsista yang ada di dunia saat ini, dengan harga yang terjangkau, bisa kita dapatkan,” ujarnya.

Selain itu, dia mengatakan Prabowo tidak hanya sekadar membeli alutsista, melainkan juga memperhatikan aspek keilmuan mengenai pembuatan serta pelatihan yang diberikan oleh negara tempat produksi alutsista itu.

“Bahwa kita tidak mau hanya sekadar membeli alutsista saja, tetapi harus memastikan alutsista yang kita beli ini dan juga ilmu dari pembuatan alutsista tersebut. Jadi training of trainers-nya,” katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pilpres 2024.

Berdasarkan hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024, Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fauzan
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2024