Makassar (ANTARA) - Bagian Humas Dinas Komunikasi, Informatika, Statistika dan Persandian (Diskominfo-SP) Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar rapat bersama Dinas Kominfo kabupaten/kota se-Sulsel secara virtual guna memperkuat peran humas dalam menyampaikan informasi, terutama informasi terkait kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.

"Bagaimana mendorong pemerintah kabupaten dan kota serta provinsi, khususnya Dinas Kominfo melakukan kolaborasi untuk publikasi terkait apa yang dilakukan oleh pemerintah, baik di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi," kata Kepala Dinas Kominfo-SP Sulsel Andi Winarno Eka Putra di Makassar, Kamis.

Baca juga: Jaga kondusivitas, Polri ajak humas pemerintah konter isu negatif

Ia menjelaskan rapat ini untuk menindaklanjuti rapat koordinasi (Rakor) akhir tahun 2023, yang mengusung tema Humas di Era Digital dan Penguatan Peran Humas Instansi dalam Menyampaikan Informasi Publik.

"Ini tindak lanjut Rakor kemarin sesuai arahan gubernur, satu narasi yang sama, dimana kita perlu melakukan kolaborasi publikasi, apa yang dilakukan dan apa yang direncanakan," ujarnya.

Winarno menyampaikan koordinasi, kolaborasi dan sinergi penguatan peran humas harus dilakukan. Sebab, humas menghadapi tantangan pada setiap kegiatan di lingkungan kerja, sekaligus media penyebarluasan informasi kepada publik terkait dengan kebijakan dan program pemerintah.

Baca juga: Peran Humas dalam Pelindungan Pekerja Migran Indonesia

Baca juga: Kominfo dorong humas harus pahami pentingnya keamanan media sosial


"Publikasi ini sangat diperlukan agar masyarakat mengetahui dan memahami serta dapat mendukung apa yang dilakukan dan program yang dilaksanakan," ujarnya.

Setelah rapat koordinasi, diharapkan bisa langsung dilanjutkan dengan tindakan cepat dari para pihak berkepentingan di 24 kabupaten dan kota se-Sulsel.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024