Karawang (ANTARA News) - Arus lalu lintas di jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) dari arah Bandung menuju Jakarta mengalami kepadatan pada Sabtu sore hingga malam.

Pantauan Antara Sabtu, arus lalu lintas dari mulai pintu masuk tol Cipularang Bandung menuju Cikampek-Jakarta ramai dengan rata-rata kecepatan kendaraan 40 km/jam hingga 60 km/jam.

Kepadatan bertambah di sekitar tempat peristirahatan Km 98 akibat antrean kendaraan memasuki tempat peristirahatan pertama di Tol Cipularang dari arah Bandung menuju Cikampek.

Antrean kendaraan juga tampak pada saat pertemuan arus antara kendaraan dari Tol Cipularang dan kendaraan dari arah Cikampek yang memasuki Tol Jakarta - Cikampek menuju Jakarta.

Antrean kendaraan tersebut juga dipengaruhi oleh kendaraan-kendaraan yang memasuki tempat peristirahatan pertama di Tol Jakarta Cikampek dari arah Bandung maupun arah Cikampek.

Selepas Karawang lalu lintas cenderung ramai lancar meski intensitas kendaraan yang melintas menuju Jakarta lebih tinggi dibandingkan arah sebaliknya.

Hampir seluruh tempat peristirahatan sepanjang Tol Cipularang dan Tol Jakarta-Cikampek yang menuju Jakarta dipenuhi oleh masyarakat baik pengguna kendaraan pribadi dan kendaraan umum.

Untuk mengantisipasi kemacetan di dalam tol akibat antrian kendaraan yang memasuki tempat peristirahatan, petugas Jasa Marga dan juga Kepolisian berjaga di sepanjang pintu masuk tempat peristirahatan. Bila telah penuh, maka petugas akan mengarahkan kendaraan ke tempat atau lokasi lainnya.

Petugas juga menyediakan toilet bergerak di luar tempat peristirahatan untuk melayani masyarakat yang akan menggunakannya tanpa harus masuk ke tempat peristirahatan.
(P008/Z002)

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013