Biarkan saja KPU yang menilai ini ada indikasi konflik kepentingan atau tidak
Jakarta (ANTARA) -
Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Pemilih Muda (Fanta) Prabowo-Gibran, Dedek Prayudi, menyerahkan sepenuhnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) soal dua panelis debat ketiga capres-cawapres yang dituding tidak obyektif karena berasal dari Universitas Pertahanan (Unhan).

"Biarkan saja KPU yang menilai ini ada indikasi konflik kepentingan atau tidak," kata Dedek saat ditemui di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis.

Menurut Dedek, panelis dari Unhan layak dijadikan panelis karena debat ke tiga bertemakan, di antaranya, isu pertahanan, keamanan dan geopolitik.

Dedek pun tidak melihat ada potensi konflik kepentingan meskipun Unhan merupakan lembaga pendidikan di bawah Kementerian Pertahanan.

"Ya kan tapi kan topiknya memang pertahanan, tapi kan kalau misalnya diprotes dan KPU mengakomodir protesnya atau tidak mengakomodir saya pikir itu bukan ranah TKN menilai,” kata dia.

Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar mengatakan keberadaan dua panelis dari Unhan pada debat ketiga capres Pemilu 2024 bisa mengganggu objektivitas.

Di sela-sela kampanye di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis, Muhaimin menilai hal itu karena Unhan masih berada di bawah koordinasi Kementerian Pertahanan yang saat ini dipimpin oleh Prabowo Subianto.

"Karena itu mengganggu objektivitas. Karena apa pun, Unhan di bawah Pak Prabowo, menhan," kata Muhaimin dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Muhaimin berharap KPU selaku penyelenggara debat capres-cawapres Pemilu 2024, bisa mengganti kedua panelis debat tersebut, supaya debat capres yang akan diselenggarakan pada Minggu (7/1) dapat berjalan secara objektif.

"Karena itu, saya protes. Syukur-syukur bisa diganti," ujarnya.

Baca juga: TKN: Prabowo tidak akan gunakan singkatan asing saat debat ketiga
Baca juga: Dua panelis debat ketiga dari Unhan, Mahfud: Enggak apa-apa


Sebelumnya, Rabu (3/1), KPU mengumumkan 11 nama panelis debat capres ketiga Pemilu 2024 yang mengusung tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Dua di antara 11 panelis debat tersebut adalah pakar keamanan dari Unhan Kusnanto Anggoro dan Ketua Dewan Guru Besar Unhan Laksamana TNI (Purn) Marsetio.

Debat ketiga capres Pemilu 2024 akan berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, pada tanggal 7 Januari 2024, dengan topik pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

KPU RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Timnas AMIN tak permasalahkan panelis debat capres dari Unhan
Baca juga: Panelis debat ketiga dari Unhan, Muhaimin: Mengganggu objektivitas


Pewarta: Walda Marison
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2024