Kapal itu juga sempat ditarik `tug boat` (kapal tunda), tapi tetap saja tidak membawa hasil karena bagian kapal tersangkut karang,"
Padangbai (ANTARA News) - Petugas Pelabuhan Padangbai, Bali, gagal memindahkan kapal keruk yang kandas sejak 27 Juli 2013 akibat diempas gelombang.

"Kapal itu juga sempat ditarik `tug boat` (kapal tunda), tapi tetap saja tidak membawa hasil karena bagian kapal tersangkut karang," kata Kepala Administrator Pelabuhan Padangbai, Arya Dana, Minggu.

Sampai sekarang KM Esi-6 masih terpuruk perairan Selat Lombok, tepatnya sekitar 250 meter dari darmaga timur Pelabuhan Padangbai. Kapal tersebut kandas saat menjalankan tugas pengerukan di sekitar dermaga tersebut.

"Di sekitar dermaga timur itu terjadi pendangkalan sehingga perlu pengerukan untuk memudahkan kapal bersandar," katanya.

Sebanyak 20 awak kapal tersebut masih berada di atas kapal. Pemindahan baru bisa dilakukan pada saat air laut sedang pasang.

"Kapal tidak bisa ditarik disebabkan juga oleh adanya daun kemudi yang masih menancap di dasar laut," kata Arya Dana.

Sejauh ini kapal keruk tersebut tidak mengganggu aktivitas bongkar-muat kapal di Pelabuhan Padangbai selama masa kepadatan arus mudik Lebaran.
(KR-MDE/M038)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013