Selain dua KA tersebut, perjalanan sejumlah KA tujuan Bandung dari Daop lain yang melintas di wilayah Purwokerto juga memutar melalui Kroya-Purwokerto-Cikampek
Purwokerto (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto mengalihkan perjalanan dua KA keberangkatan awal dari wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto tujuan Bandung-Jakarta akibat kecelakaan di wilayah Bandung, Jawa Barat.

Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Feni Novida Saragih di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat, mengatakan dua KA dari Daop Purwokerto yang perjalanannnya dialihkan melalui Cikampek terdiri atas KA 250 Serayu relasi Purwokerto-Kroya-Kiaracondong-Pasarsenen dan KA 259 Kutojaya Selatan relasi Kutoarjo-Kroya-Kiaracondong.

"Selain dua KA tersebut, perjalanan sejumlah KA tujuan Bandung dari Daop lain yang melintas di wilayah Purwokerto juga memutar melalui Kroya-Purwokerto-Cikampek, antara lain KA 91 Lodaya Pagi relasi Solobalapan-Kroya-Bandung," katanya.

Dia mengatakan pengalihan perjalanan juga dilakukan terhadap kereta api dari arah Bandung tujuan Purwokerto maupun kota-kota lain di wilayah timur, antara lain KA 249 Serayu relasi Pasarsenen-Cikampek-Kiaracondong-Kroya-Purwokerto dialihkan melalui Cikampek-Cirebonprujakan-Prupuk-Purwokerto, KA 182 Baturraden Ekspress relasi Bandung-Kroya-Purwokerto menjadi Bandung-Cikampek-Cirebon-Prupuk-Purwokerto.

Selanjutnya, KA 92 Lodaya Pagi relasi Bandung-Kroya-Solobalapan dialihkan menjadi Bandung-Cikampek-Cirebon-Prupuk-Kroya-Solobalapan, KA 6 Argo Wilis relasi Bandung-Kroya-Surabaya Gubeng menjadi Bandung-Cikampek-Cirebon-Prupuk-Kroya-Surabaya Gubeng, dan KA 240 Pasundan relasi Kiaracondong-Kroya-Surabayagubeng menjadi Kiaracondong-Cikampek-Cirebonprujakan-Prupuk-Kroya-Surabayagubeng.

Disinggung mengenai keberangkatan dua kereta api dari Purwokerto tujuan Bandung pada Jumat (5/1) sore dan malam hari, dia mengatakan pihaknya masih menunggu perkembangan lebih lanjut dari penanganan kecelakaan yang terjadi di Bandung.

Dua kereta api dari Purwokerto tujuan Bandung yang diberangkatkan pada sore dan malam hari itu terdiri atas KA 251 Serayu relasi Purwokerto-Kroya-Kiaracondong-Pasarsenen serta KA 181 Baturraden Ekspress relasi Purwokerto-Kroya-Bandung.

"Kami atas nama PT KAI Daop 5 Purwokerto memohon maaf kepada pelanggan kereta api atas gangguan perjalanan tersebut. Kami sampaikan bahwa saat ini masih dilakukan penanganan di jalur tersebut, sehingga perjalanan kereta api baik penumpang dan barang diharapkan segera dapat kembali normal," kata Feni.

Terkait dengan hal itu, dia mengatakan bagi pelanggan yang perjalanan kereta apinya terdampak sehingga memutuskan untuk membatalkan perjalanannya, pihaknya akan mengembaikan bea sebesar 100 persen.

"Kami juga memberikan service recovery bagi pelanggan KA yang keretanya mengalami keterlambatan," katanya.

Gangguan perjalanan kereta api itu terjadi sebagai dampak dari kecelakaan yang melibatkan KA 65A Turangga relasi Surabayagubeng-Bandung dan KA 350 Commuterline Bandung Raya relasi Padalarang-Cicalengka di KM 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur dan Stasiun Cicalengka pada hari Jumat (5/1), pukul 06.03 WIB.

Baca juga: Pemprov Jabar siapkan enam Faskes tangani kecelakaan KA Cicalengka
Baca juga: Tiga KA perjalanan dari dan ke Daop 7 Madiun dialihkan

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024