Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama berupaya menjangkau kaum muda melalui Devotion Experience (Dev-X), yang meliputi acara pameran, pertunjukan, pemutaran film, dan bincang-bincang tentang agama.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, acara yang berlangsung di Hall B Jakarta Convention Center (JCC) dari 5 hingga 7 Januari 2024 itu antara lain ditujukan untuk mendekatkan anak muda dengan agama.

"Sasaran kita dalam acara ini memang anak muda. Karenanya, acara ini memang sengaja kita kemas dengan nuansa pop culture. Kita ingin memfasilitasi anak-anak muda untuk lebih dekat dengan religi," katanya di Jakarta, Jumat.

Menteri Agama menyampaikan pentingnya mewariskan hal-hal baik kepada anak-anak muda yang akan menjadi pemimpin pada masa mendatang.

"Itu mengapa memfasilitasi anak muda untuk lebih dekat dengan religi menjadi hal yang perlu kita lakukan. Kehidupan beragama itu bukan semata ritual ibadah, makanya nanti di Dev-X ini anak-anak muda dapat melihat bahkan merasakan pengalaman itu," kata dia.

Dev-X, yang merupakan acara puncak perayaan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama, mencakup kegiatan nikah massal, sertifikasi halal, serta bincang-bincang seputar kitab suci, zakat, wakaf, dan haji.

"Di sini juga pengunjung dapat mencoba, misalnya, wisata religi dengan menggunakan virtual reality (VR) hingga menyaksikan launching huruf pegon digital. Kalau punya masalah yang terkait dengan keagamaan, juga bisa temukan solusinya di Dev-X," kata Menteri Agama.

Selain itu, pengunjung Dev-X bisa belajar membaca Sloka atau menulis menggunakan huruf Jawa kuno, menyaksikan film Unearthing Muarajambi, menjelajahi Candi Borobudur menggunakan VR 360, melihat pameran produk halal, dan menikmati pertunjukan musik.

Ketua Pelaksana Dev-X Ahmad Zainul Hamdi menyampaikan bahwa Dev-X terbuka untuk umum dan gratis.

Warga yang hendak berkunjung hanya perlu melakukan registrasi melalui aplikasi PUSAKA Superapps yang dapat diunduh di Play Store dan App Store.

"Silakan daftar melalui PUSAKA dan silakan datang ke JCC. Selain pameran kinerja satuan kerja, pengunjung juga dapat menyaksikan pameran produk halal, penampilan artis dan tokoh ternama," kata Ahmad Zainul Hamdi, yang juga menjabat sebagai Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama.

Pengisi acara Dev-X meliputi Habib Ja'far, Bhante Dhiropunno Onad, Ustadz Das'ad Latif, Rhoma Irama, Salma Salsabila, Voice of Baceprot, Andien, Arafah Rianti, Ricky Watimena, Mona Ratuliu, Daniel Mananta, Marcello Tahitoe, Armand Maulana, Zaskia Mecca, hingga komedian Boris Bokir.

Baca juga:
Kemenag luncurkan program 1.000 Kampung Moderasi Beragama
Kemenag buka pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024