Ada 10 unit rumah yang terdampak bencana angin puting beliung, Alhamdulillah semuanya rusak ringan dan tidak ada korban jiwa
Lampung Selatan (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Selatan menerjunkan tim untuk menangani bencana alam angin puting beliung yang terjadi di Desa Sukatani, Kecamatan Kalianda.

Kepala Pelaksana BPBD Lampung Selatan Aris Wandi, di Kalianda, Jumat, mengatakan pihaknya menerjunkan tim untuk mendata dan membantu para korban yang terdampak angin puting beliung.

"BPBD Lampung Selatan langsung bereaksi merespon cepat dengan adanya bencana alam angin puting beliung yang mengakibatkan 10 rumah rusak," katanya. 

Pihaknya menerjunkan 12 personel BPBD dan dibantu masyarakat setempat untuk membersihkan sisa-sisa reruntuhan atap bangunan rumah.

"Ada 10 unit rumah yang terdampak bencana angin puting beliung, Alhamdulillah semuanya rusak ringan dan tidak ada korban jiwa," katanya.

Baca juga: BMKG ingatkan waspadai hujan lebat dan angin kencang di Lampung

Peristiwa tersebut terjadi pada Jumat sore sekitar pukul 15.00 WIB dengan durasi waktu yang sangat cepat sehingga membuat rumah-rumah warga porak poranda.

Pihaknya sudah melakukan pendataan jumlah dan kerusakan rumah yang dialami warga setempat.

"Iya kami langsung merespon cepat dengan adanya laporan dari warga tentang bencana ini. Saat ini kami sedang mendata rumah dan pemiliknya, serta berapa kerugian yang dialami oleh masyarakat yang terdampak," ujarnya.

Menurut dia, tindak lanjut yang akan dilakukan oleh pihak BPBD setempat saat ini melakukan pendataan, yang nantinya data akan dilanjutkan ke pemerintah daerah serta diusahakan untuk diberi bantuan.

"Setelah kami data semua, kami akan laporkan kepada pimpinan. Selanjutnya data kami rekap agar nantinya kami usahakan untuk memberikan bantuan kepada para korban," ujarnya. 

Baca juga: BPBD: Sebagian korban banjir Lampung Selatan mulai kembali ke rumah

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024