Bidikmisi Kalteng Berkah pada tahun 2024 sebesar Rp5 juta per mahasiswa.
Palangka Raya (ANTARA) -
Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran resmi meluncurkan sekaligus menyalurkan bantuan sosial fungsi pendidikan atau beasiswa Kalteng Berkah lebih dari Rp8 miliar.
 
"Pada tahun 2023 Bidikmisi Kalteng Berkah disalurkan sebesar Rp1,5 juta per mahasiswa. Bidikmisi Kalteng Berkah pada tahun 2024 sebesar Rp5 juta per mahasiswa," katanya dalam keterangan yang diterima di Palangka Raya, Minggu dini hari.
 
Bantuan di sektor pendidikan ini, kata dia, merupakan keseriusan Pemprov Kalimantan Tengah mendukung pertumbuhan daerah melalui peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM).
 
Peluncuran bantuan sosial fungsi pendidikan ini oleh Sugianto dilakukan di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Kegiatan ini sekaligus dalam rangka kunjungan kerjanya untuk bertemu langsung dengan mahasiswa di kota setempat.
 
"Pertemuan ini untuk menyemangati dan memberi dukungan kepada mahasiswa, pemuda/pemudi sebagai generasi yang nantinya melanjutkan kepemimpinan Kalimantan Tengah" jelasnya.
 
Lebih lanjut Gubernur mengatakan bahwa pendidikan memiliki peran yang sangat penting bagi daerah maupun masyarakat.

Oleh karena itu, melalui pertemuan tersebut, dia berharap makin menguatkan akhlak dan karakter sehingga terbentuk generasi-generasi penerus unggul dan maju menuju Kalimantan Tengah yang bermartabat.
 
Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kalimantan Tengah Reza Prabowo mengatakan bahwa penyaluran bantuan sosial kepada mahasiswa bertepatan dengan dimulainya aktivitas pendidikan mahasiswa pada tanggal 29 Januari 2024 di perguruan tinggi masing-masing.
 
Adapun beasiswa yang disalurkan oleh Gubernur untuk mahasiswa pada jenjang S-1 dengan total 5.641 orang. Mereka merupakan jumlah hasil verifikasi dari total kuota yang disiapkan sebanyak 6.800 orang untuk seluruh mahasiswa se-Kalimantan Tengah.
 
"Total bantuan yang disalurkan oleh Bapak Gubernur untuk seluruh mahasiswa/mahasiswi se-Kalimantan Tengah senilai lebih dari Rp8 miliar," jelasnya.
 
Selain menyalurkan bantuan sosial fungsi pendidikan, dalam kunjungan kerjanya ke Kotawaringin Timur tersebut, Gubernur juga memberikan bantuan sosial berupa sembako sebanyak 2.000 paket secara gratis kepada mahasiswa daerah setempat.

Baca juga: Kalimantan Tengah berhasil kendalikan inflasi selama 2023
Baca juga: Kalteng bentuk Komunitas ASN Anti-Narkotika dukung P4GN

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024