Situasi pelabuhan tahun ini aman, penumpangnya pun lebih tertib..."
Bakauheni (ANTARA News) - Menteri Perhubungan (Menhub) EE Mangindaan mengatakan pelayanan di Pelabuhan Bakauheni sudah membaik tahun ini dan situasinya pun lebih aman.

"Lebih baik dari tahun sebelumnya. Situasi pelabuhan tahun ini aman, penumpangnya pun lebih tertib," kata dia usai meninjau arus balik pemudik di sejumlah dermaga di Pelabuhan Bakauheni, Selasa.

Dia mengatakan peningkatan penumpang arus mudik terjadi pada H-5, H-4 dan H-3.

"Arus mudik relatif lancar pada ketiga hari itu, yang merupakan puncak arus mudik. Penumpang yang datang saat mudik pun tidak sekaligus, sehingga tidak menimbulkan penumpukan," katanya.

Mengenai arus balik pemudik dari Bakauheni ke Pelabuhan Merak, ia menyebutkan kepulangan pemudik ke Jawa masih berlangsung lancar.

"Hanya pada Minggu dan kemarin terjadi lonjakan jumlah penumpang yang luar biasa. Karena, untuk Senin PNS mulai banyak yang masuk, sedangkan Selasa pegawai swasta yang masuk kerja," katanya.

Jika PNS bekerja mulai Senin, pekerja swasta banyak yang bekerja mulai Selasa.

Ia menyebutkan arus mudik dan arus balik pemudik berlangsung lancar berkat kerja sama antara PT ASDP Cabang Bakauheni dengan semua pihak terkait lainnya, seperti kepolisian dan pemerintah daerah.

Dia mengharapkan dalam angkutan lebaran tahun depan, pelayanan Pelabuhan Bakauheni lebih baik lagi dengan memgoptimalkan penggunaan semua dermaga pelabuhan.
(RB*H009)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013