Dan inilah komitmen kita pada kemerdekaan Palestina yang kita dukung terus menerus
Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menekankan komitmen dirinya bersama calon wakil presiden Mahfud Md untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

"Dan inilah komitmen kita pada kemerdekaan Palestina yang kita dukung terus menerus," kata Ganjar dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu malam.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode tersebut menjelaskan bahwa Indonesia tidak pernah lupa dengan kesepakatan untuk mendorong dekolonisasi di dunia.

"Kita tidak pernah lupa, Indonesia selalu setia pada kesepakatan yang pernah diambil. Dekolonisasi yang dilakukan mendorong, (dan) meyakinkan kita semua untuk membebaskan seluruh bangsa tanpa mengintervensi satu dengan yang lain," katanya.

Baca juga: Ganjar buka debat usung redefinisi politik luar negeri bebas aktif

Baca juga: KPU: Debat ketiga bisa jadi pertimbangan memilih capres


Pada kesempatan itu, Ganjar juga menyoroti pentingnya redefinisi atau mendefinisikan ulang politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif agar disesuaikan dengan kondisi kekinian demi memenuhi keinginan serta memperkuat bangsa dan negara Indonesia.

"Kita perlu untuk memilih, memilah, dan memprioritaskan yang menjadi kekuatan, keinginan dari bangsa dan negara ini," ujarnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama pada 12 Desember 2023 dan debat kedua pada 22 Desember 2023, KPU menggelar debat ketiga yang mempertemukan para capres.

Tema debat ketiga meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024