Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyampaikan informasi adanya kenaikan status Pintu Air Pos Sunter Hulu, Jakarta Timur, menjadi Siaga 1 pada Minggu malam.
 
Selain itu terdapat empat pos pantau tinggi muka air yang berstatus Siaga 3, yakni Pos Krukut Hulu, Pos Pesanggrahan, Pos Angke Hulu dan Pos Cipinang Hulu.
 
Dikutip dari laman resmi BPBD DKI Jakarta, tinggi muka air Pintu Air Pos Sunter Hulu pada pukul 19.00 WIB berada pada 275 sentimeter (cm) berstatus Siaga 1 dengan cuaca mendung.
 
Kenaikan tinggi muka air tersebut terjadi sejak pukul 17.00 WIB dengan tinggi 250 cm dan pukul 18.00 WIB dengan tinggi 270 cm.
 
Adapun pada lokasi pintu air lainnya, yakni Katulampa, Bogor (Jawa Barat), pada posisi 70 cm dengan status normal dan cuaca mendung. Kemudian Pos Depok berada pada posisi 160 cm dengan status normal dan mendung.

Baca juga: Genangan air melanda 20 RT akibat hujan dan luapan kali
Baca juga: Legislator desak BPBD DKI siagakan petugas di wilayah rawan banjir
 
Pos Manggarai pada posisi 690 cm dengan status normal dan cuaca mendung tipis. Sedangkan Pos Karet berada pada posisi 390 cm dengan status normal dan cuaca mendung tipis serta Pos Waduk pluit pada posisi -180 cm dengan status normal dan cuaca terang.
 
Selanjutnya Pos Pasar ikan pada posisi 136 cm dengan status normal dan cuaca mendung tipis. Untuk Pos Pulo Gadung berada pada posisi 330 cm dengan status normal dan cuaca mendung tipis.
 
BPBD DKI Jakarta juga telah melakukan penyebaran informasi melalui media sosial, melalui Sistem Peringatan Dini Bencana (DEWS) dan pemberitahuan kepada camat dan lurah.
 
Selain itu, dalam keadaan darurat, masyarakat diimbau untuk menghubungi pusat informasi (call center) Jakarta Siaga pada nomor 112.

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024