Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor di Papua berencana membangun museum bawah laut untuk menarik minat wisatawan dalam mempelajari beragam peninggalan bersejarah perang Dunia II.

Berita tentang agenda pembangunan museum bawah laut tersebut masuk pemberitaan terpopuler pada kanal humaniora Antaranews.com sepanjang Minggu (7/1/2024).
 
Musim hujan tiba telah menciptakan berbagai bencana hidrometeorologi di berbagai daerah, salah satunya Kabupaten Sukabumi. Longsor dan banjir terjadi di wilayah tersebut akibat hujan deras.
 
Berikut berita-berita terpopuler selengkapnya:
 
1. Biak dirikan museum bawah laut sebagai wisata unggulan
 
Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua melalui Dinas Pariwisata setempat mendirikan museum bawah laut sebagai destinasi wisata unggulan daerah pada tahun 2024.
 
Museum bawah laut Biak menyimpan beragam barang sisa peninggalan perang Dunia II di areal perairan kepulauan Padaido/Aimando.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Biak dirikan museum bawah laut sebagai wisata unggulan

2. Gubernur salurkan bantuan pendidikan Kalteng Berkah Rp8 miliar lebih
 
Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran resmi meluncurkan sekaligus menyalurkan bantuan sosial fungsi pendidikan atau beasiswa Kalteng Berkah senilai Rp8,46 miliar.
 
Bantuan di sektor pendidikan ini, kata dia, merupakan keseriusan Pemprov Kalimantan Tengah mendukung pertumbuhan daerah melalui peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM).
   
3. Hujan deras picu banjir dan longsor di Kabupaten Sukabumi
 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi mencatat hujan deras yang turun sejak pagi hingga sore di sejumlah wilayah di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Minggu (7/1) memicu terjadinya bencana tanah longsor dan banjir.
 
BPBD setempat mengimbau kepada warga untuk selalu waspada karena potensi terjadinya bencana hidrometeorologi di Kabupaten Sukabumi cukup tinggi yang dipicu oleh cuaca buruk.
   
4. Warga diimbau tidak melepas masker antisipasi gas belerang erupsi Lewotobi
 
Balai Pemantauan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Gerakan Tanah Nusa Tenggara mengimbau masyarakat untuk tidak melepas masker guna mengantisipasi dampak gas belerang dari erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).
 
Erupsi menyebabkan hujan abu vulkanik dan aroma belerang yang mulai tercium dengan intensitas sedang-kuat selang satu pekan sejak naiknya status gunung.
   
5. Menag bertolak ke Saudi bahas Ta'limatul Hajj
 
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hari ini bertolak ke Arab Saudi untuk membahas Ta'limatul Hajj bersama Kementerian Haji Arab Saudi, yang akan menandai pelayanan kepada jamaah calon haji.
 
Ta’limatul Hajj adalah petunjuk tentang perhajian yang dikeluarkan oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.
 
Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Menag bertolak ke Saudi bahas Ta'limatul Hajj

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024