Jakarta (ANTARA) - Aktor dan model Ario Bayu mengajak anak muda untuk ikut pemilihan umum (Pemilu), yang dia sebut menjalankan fungsi sebagai warga negara Indonesia.
 
"Itu fungsi kita untuk memilih, harus memilih," ucap Ario Bayu saat ditemui di Jakarta, Senin.
 
Ario Bayu, sang pemeran Soeraja dalam serial fenomenal "Gadis Kretek", mengatakan dia berharap yang terbaik pada perhelatan Pemilu yang diikuti tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada tahun ini.
 
“Dari saya mungkin yang terbaik saja untuk semua,” kata Ario Bayu.

Baca juga: Happy Salma harapkan sosok pemimpin yang peduli budaya dan tradisi
 
Indonesia akan mengadakan pesta demokrasi pada 14 Februari, terdiri dari Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif. KPU RI pada Senin, (13/11), telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, (14/11), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Carmela van der Kruk ajak pemilih gunakan hak suara pada Pemilu 2024

Pemilu Legislatif 2024 diikuti 18 partai politik nasional yakni (sesuai nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelora Indonesia, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Ummat.

Selain itu Pemilu Legislatif 2024 juga diikuti enam partai politik lokal yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara Pemilu Legislatif 2024 dilakukan serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Kaesang sabut artis dalam politik bisa naikkan suara partai

Baca juga: Dewan Pakar AMIN: Pemilih muda sekarang cerdas-cerdas

Baca juga: Hasto: Anak muda punya potensi tingkatkan keamanan siber bangsa

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024