Jakarta (ANTARA News) - Mike Mohede, penyanyi jebolan Indonesian Idol, akan menyertakan beberapa lagu ciptaan sendiri di album terbaru yang rencananya dirilis pada akhir tahun ini.

"Saya dikasih kesempatan untuk menciptakan lagu di album kedua. Seru sih, karena saya sangat dilibatkan," ujar Mike ditemui di Jakarta, Jumat.

Dari total 8 hingga 10 lagu di album bertema cinta itu, dia menulis tiga atau empat lagu. Beragam hal dijadikan inspirasi menulis, mulai dari pengalaman pribadi hingga cerita teman-temannya.

Menulis lagu sebenarnya sudah dilakukannya sejak empat tahun belakangan. Namun, kesempatan baru datang sekarang. 

Saat album pertamanya muncul pada 2005 silam, dia mengaku masih belum menemukan sisi menyenangkan dari menulis lagu.

"Saat album pertama belum dapat kesempatan juga, lagipula waktu itu masih kaget, kayak masih gelagapan juga melihat sekitar. Sekarang dari segi mental sudah lebih settled," jelas pemenang Indonesian Idol 2 itu.

Tidak hanya menulis lagu untuk dirinya sendiri, Mike juga punya minat untuk membuatkan lagu agar dinyanyikan teman-temannya. Dia bahkan sudah pernah membuat lagu bersama Rayen Pono, mantan anggota grup musik Pasto.

"Waktu itu ngobrol-ngobrol dengan Petra Sihombing juga ingin bikin lagu bareng, saya juga ingin bikinin lagu untuk Sammy mumpung satu label juga," kata penyanyi yang akan tampil dalam "Sammy Simorangkir Live Orchestra In Concert" 23 Agustus mendatang.

Menulis lagu merupakan salah satu langkah yang dilakukannya demi mewujudkan impian Mike untuk bekerja di balik layar kelak.

"Bila karir saya mulai senja, saya ingin bekerja di belakang layar karena passion saya memang di situ. Harus tetap di musik karena saya tidak bisa hidup tanpa musik dan cinta," tutupnya.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013