Singaraja (ANTARA) - Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali menerima pendaftaran mahasiswa baru tahun ajaran 2024/2025 untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia di daerah itu.

“Penerimaan mahasiswa baru tahun ini bertemakan ‘Nilantara Jnana’ yang bermakna pengetahuan tanpa batas,” kata Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru STAHN Mpu Kuturan Tahun 2024, Putu Mardika, S.Pd., M.Si di Singaraja, Rabu.

Menurut dia, STAHN Mpu Kuturan Singaraja sebagai lembaga pendidikan keagamaan Hindu negeri yang bernaung di bawah Kementerian Agama memiliki spirit bersama untuk membangun sumber daya manusia melalui penyediaan berbagai program studi yang relevan dengan dunia kerja saat ini.

Baca juga: STAHN Mpu Kuturan kukuhkan dua guru besar bidang agama

Terdapat berbagai program studi yang bernaung di bawah empat jurusan pada kampus keagamaan negeri satu-satunya di Bali bagian utara tersebut.

Pada Jurusan Dharma Duta terdapat tiga program studi, yakni Ilmu Komunikasi Hindu, Pariwisata Budaya Keagamaan, dan Manajemen ekonomi.

Selanjutnya, Jurusan Dharma Acarya memiliki lima program studi, yakni Pendidikan Agama Hindu, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Sastra Agama dan Bahasa Bali, dan Pendidikan Seni dan Budaya Keagamaan Hindu.

“Selanjutnya, pada Jurusan Brahma Widya ada dua Prodi, yakni Teologi Hindu dan Filsafat Agama Hindu. Sedangkan Jurusan Dharma Sastra ada Prodi Hukum Agama Hindu dan Hukum Adat,” kata dia.

Mardika mengungkapkan, selain Prodi jenjang S1, STAHN Mpu Kuturan Singaraja juga memiliki berbagai program studi jenjang strata 2 (S2).

“Pada jenjang strata dua, kami memiliki tiga program studi, yakni Magister Pendidikan Agama Hindu, Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar, dan Magister Ilmu Agama dan Kebudayaan,” katanya.

Baca juga: Stafsus Presiden dan STAHN Mpu Kuturan bekerja sama lestarikan lontar

Baca juga: STAHN Mpu Kuturan terima hibah tanah bersiap alih status jadi institut


STAHN Mpu Kuturan dengan spirit kampus yang terjangkau dan mampu dijangkau oleh berbagai kalangan juga menyediakan akses beasiswa kepada calon mahasiswa baru, mulai dari jenis beasiswa prestasi juga Program Indonesia Pintar Kuliah (PIPK).

“Khusus untuk beasiswa PIPK ditujukan bagi mereka yang tidak mampu dan memiliki prestasi, jadi seleksinya cukup ketat,” kata dia.

Guna mempermudah calon mahasiswa baru mengakses informasi, Mardika mengajak generasi muda dan masyarakat untuk datang langsung ke kampus STAHN Mpu Kuturan Singaraja di Jalan Pulau Menjangan Nomor 27 Kelurahan Banyuning, Kota Singaraja dan kampus dua di Jalan Kresna Gang 2b Singaraja.

“Masyarakat juga dapat mengakses laman penerimaan mahasiswa baru pada www.pmb.stahnmpukuturan.ac.id.,” kata Mardika.

Pewarta: IMBA Purnomo/Rolandus Nampu
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024