Los Angeles (ANTARA News) - Aktor August Schellenberg, yang paling dikenal karena memainkan peran pribumi Amerika dalam film seperti "Free Willy" dan "The New World," meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker paru-paru dalam usia 77, demikian kata manajernya, Jumat.

Schellenberg meninggal di rumahnya di Dallas pada Kamis, kata Alan Mills, sang manajer. Keluarga aktor belum membuat pengaturan untuk pemakamannya.

Lahir di Montreal, Schellenberg yang setengah Mohawk dan setengah Swiss-Jerman, memainkan pelatih paus pada "Free Willy" 1993, mengulangi peran untuk beberapa sekuel.

Dia juga memainkan Kepala Powhatan dalam "The New World" 2005, garapan sutradara Terrence Malick, bersama Christian Bale dan Colin Farrell.

Schellenberg muncul dalam berbagai acara televisi, dan yang paling baru adalah di "SGU Stargate Universe" pada tahun 2011.

Ia kemudian dinominasikan untuk aktor pendukung penghargaan Emmy pada tahun 2007 untuk perannya di film HBO TV "Bury My Heart at Wounded Knee", demikian Reuters melaporkan.
(H-AK)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013