Jakarta (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengharapkan dialog para calon presiden (capres) dengan pelaku usaha yang diadakan Kadin dapat menjadi sinyal positif, terutama bagi bisnis di Indonesia yang membutuhkan kepastian hukum, jaminan keamanan, dan kebijakan pembangunan jangka panjang.

“Ini merupakan tradisi kami sudah 20 tahun mengadakan dialog dengan para capres setiap pemilu, karena kami merasa dengan dialog begini, kami bisa mengerti lebih banyak visi misi para capres dan tentunya bisa dialog yang partisipatif dan aktif,” kata Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia Anindya Bakrie dalam Dialog Capres Bersama Kadin: Menuju Indonesia Emas 2045 yang dipantau secara virtual, Jakarta, Kamis.

Sebagaimana diketahui, Kadin Indonesia telah membuat peta jalan (roadmap) yang bisa menjadi panduan bagi dunia usaha dan swasta sekaligus melengkapi roadmap yang disusun pemerintah untuk menuju Indonesia Emas 2045.

Baca juga: Ganjar sudah siapkan tiga strategi buat UMKM "naik kelas"

Peta jalan yang dibuat Kadin menekankan pada empat pilar, yaitu ketahanan pangan dan kesehatan, kesejahteraan, inklusivitas, serta keberlanjutan (sustainability).

“Tentu kali ini juga spesial karena memang di dalam Kadin ini telah membuat Roadmap Indonesia Emas 2045. Ini merupakan suatu yang sangat spesial yang kami ingin tentunya mendapat masukan, berdialog, menyelaraskan dengan visi-misi (setiap capres),” katanya.

Pelaksana Tugas Harian Ketua Umum Kadin Indonesia Yukki Nugrahawan Hanafi menambahkan bahwa pihaknya optimis cita-cita Indonesia Emas 2045, yakni terlepas dari middle income trap dan menjadi negara maju dan sejahtera bisa terwujud.

Baca juga: Dialog dengan Kadin, Ganjar: Ekonomi kreatif alternatif perekonomian 

Namun, Kadin juga realistis bahwa cita-cita itu hanya bisa tercapai kalau semua para pemangku kepentingan terlibat dengan dilandasi semangat gotong royong dan Bhinneka Tunggal Ika dengan penekanan terhadap kolaborasi, inklusif, serta berkelanjutan.

“Indonesia Emasnya sudah pasti, insyaAllah, yang belum pasti itu middle income trap-nya sama masuk ekonomi terbesar keempat di dunia. Inilah mungkin yang akan kita bahas bersama,"

Dialog ekonomi bersama ketiga capres yang dihelat di Ballroom Jakarta Theater pada Kamis (11/1) dibagi menjadi tiga sesi terpisah untuk masing-masing capres. Sesi I pada pukul 13.00-15.00 yang diisi oleh capres nomor 03 Ganjar Pranowo, lalu Sesi II pukul 19.00-21.00 oleh capres nomor 01 Anies Baswedan. Adapun Sesi III akan diadakan pada Jumat (12/01) pada pukul 09.30-11.30 yang diisi capres nomor 02 Prabowo Subianto.

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024