Ada yang dukung saya, ada yang dukung orang lain, itu biasa saja, ini politik.
Kabupaten Pamekasan, Jatim (ANTARA) - Calon Wakil Presiden RI Mahfud Md. tidak khawatir akan kehilangan suara pemilih di Jawa Timur pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu disampaikan Mahfud merujuk keputusan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk bergabung dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Enggak punya kekhawatiran dan tidak punya tanggapan," kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) itu usai menghadiri acara deklarasi dukungan di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Kamis.

Walaupun demikian, pasangan Calon Presiden RI Ganjar Pranowo tersebut mengaku biasa saja terhadap pilihan politik Khofifah dalam Pilpres 2024.

"Itu biasa saja. Ada yang dukung saya, ada yang dukung orang lain, itu biasa saja, ini politik," kata Mahfud.

Baca juga: Mahfud tanggapi temuan PPATK soal aliran dana Rp195 miliar
Baca juga: Mahfud harap salam tiga jari Ma'ruf Amin sebagai bentuk dukungan


Sebelumnya, Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, mengatakan bahwa Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa resmi didapuk menjadi dewan pengarah sekaligus Juru Kampanye Nasional (Jurkamnas) TKN Prabowo-Gibran.

Nusron menjelaskan bahwa pihaknya telah mengeluarkan surat keputusan (SK) bergabungnya Khofifah dengan TKN. Akan tetapi, SK tersebut akan efektif berlaku pada hari Minggu, 21 Januari 2024.

"SK-nya sudah dibuat. Namun, SK-nya akan efektif mulai 21 Januari," kata Nusron saat konferensi pers di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan, Kamis.

Nusron menyebut Khofifah akan muncul sebagai bagian dari TKN pada saat debat keempat Pilpres 2024, yang bakal digelar tepat saat SK tersebut berlaku efektif. Setelah itu, Khofifah akan aktif mengikuti kampanye terbuka sebagai jurkamnas untuk pasangan calon nomor urut 2 tersebut.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Rio Feisal
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024