Pemerintah selalu memastikan keberadaan sarana, prasarana, dan utilitas perdagangan yang baik bagi seluruh pihak terkait. Baik bagi pelaku usaha, maupun masyarakat sebagai konsumen akhir
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga memastikan komitmen pemerintah untuk meningkatkan keberadaan prasarana, sarana, dan utilitas perdagangan baik bagi pelaku usaha dan konsumen guna mendukung pertumbuhan ekonomi

Prasarana, sarana, dan utilitas perdagangan itu, di antaranya, adalah akses jalan yang layak dan memadai sebagai penunjang kegiatan usaha.

“Pemerintah selalu memastikan keberadaan sarana, prasarana, dan utilitas perdagangan yang baik bagi seluruh pihak terkait. Baik bagi pelaku usaha, maupun masyarakat sebagai konsumen akhir,” kata Jerry saat menghadiri undangan Dialog Bersama Perkumpulan Pengusaha Kalianak (PPK) di Surabaya Jawa Timur, dikutip dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis.

Jerry, didampingi Direktur Bina Usaha Perdagangan Kementerian Perdagangan, Septo Soepriyatno, menekankan bahwa pemerintah terus berupaya menyediakan lingkungan perdagangan yang optimal.

"Pemerintah selalu memastikan keberadaan sarana, prasarana, dan utilitas perdagangan yang baik bagi seluruh pihak terkait,” ucap Jerry.

Menurut Jerry, dengan menciptakan ekosistem perdagangan yang optimal baik bagi pelaku usaha, maupun masyarakat sebagai konsumen akhir, maka kegiatan ekonomi akan terus berjalan tanpa hambatan.

Dia menuturkan salah satu fokus utama adalah ketersediaan akses jalan yang layak sebagai penunjang kegiatan usaha. Jerry menyatakan bahwa dengan akses jalan yang baik, kegiatan produksi dan distribusi dapat berjalan sesuai target dan tepat waktu.

“Dengan akses jalan yang baik, maka kegiatan produksi dan alur distribusi dapat berjalan tepat waktu dan sesuai target," jelas Jerry.

Baca juga: Kemendag lepas ekspor kosmetik asal Sidoarjo ke Malaysia
Baca juga: Kemendag implementasikan tiga perjanjian dagang sepanjang 2023
Baca juga: DKI komitmen wujudkan tertib ukur di bidang perdagangan


Dalam konteks ini, Jerry juga mengharapkan kontribusi positif dari Pemerintah Kota Surabaya dengan menyediakan prasarana jaringan jalan yang memadai sehingga terselenggara aktivitas industri dan perdagangan yang optimal di wilayah tersebut.

Ia menegaskan bahwa pemerintah terus berfokus pada peningkatan infrastruktur perdagangan sebagai langkah strategis untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

“Semoga ke depan seluruh wilayah di Indonesia akan segera memiliki akses jalan yang layak sehingga roda perekonomian nasional terus meningkat dan memberi dampak positif yang signifikan bagi masyarakat,” kata Jerry.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2024