Pemkab Sleman berkomitmen melakukan upaya perbaikan pengelolaan keuangan, di antaranya dengan pendampingan kepada OPD
Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyerahkan secara langsung Laporan Keuangan (LK) Pemerintah Kabupaten Sleman Tahun Anggaran 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat.

Pada penyerahan yang dilakukan di Kantor BPK Perwakilan DIY tersebut juga dilakukan penandatanganan berita acara sebelum dilanjutkan penyerahan LK yang diterima secara langsung oleh Kepala BPK Perwakilan DIY Widhi Widayat.

Kustini Sri Purnomo di Yogyakarta, Jumat, mengatakan Pemkab Sleman berkomitmen untuk memenuhi amanat Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah khususnya PP Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah.

"Pemkab Sleman berkomitmen melakukan upaya perbaikan pengelolaan keuangan, di antaranya dengan pendampingan kepada OPD dalam percepatan penyelesaian laporan keuangan agar dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang ditentukan," katanya.

Menurut dia, dalam mendukung upaya percepatan pelaporan keuangan, Pemkab Sleman mendorong OPD untuk disiplin serta cepat dan tepat dalam pelaksanaannya.

Baca juga: Bank Sleman raih laba Rp20,8 miliar pada 2023

Baca juga: Pemkab Sleman tanam 50 ribu bibit kopi di lereng Merapi


"Selain itu, kami juga mendukung BPK dalam memastikan pemeriksaan berjalan lancar sehingga dapat memperoleh opini WTP," katanya.

Ia mengatakan bahwa Pemkab Sleman juga berkomitmen untuk selalu melaksanakan tata kelola pemerintahan yang baik sehingga diharapkan mampu meminimalisir penyimpangan dalam setiap pelaksanaan program pemerintahan dan pembangunan.

"Selain itu, ke depan Pemkab Sleman terus mendorong optimalisasi pelayanan publik, baik melalui peningkatan kapasitas SDM, penerapan inovasi, pemanfaatan teknologi dan sistem terintegrasi dalam pelayanan," katanya.

Kepala BPK RI Perwakilan DIY Widhi Widayat menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemkab Sleman atas konsistensinya dengan menjadi salah satu pemerintah daerah yang menyerahkan laporan keuangan lebih awal dibanding wilayah lainnya khususnya di DIY.

Widhi juga mengapresiasi Bupati Sleman dan jajarannya yang telah menyerahkan LK sebelum bulan Maret.

"Mewakili BPK Perwakilan DIY, saya mengapresiasi Pemkab Sleman atas kinerja dan kerja kerasnya dalam menyusun laporan ini sehingga menjadi salah satu pemerintah daerah yang tercepat bersama dengan Kota Yogyakarta dalam menyelesaikan LK," katanya.

Ia mengatakan, selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan oleh tim BPK selama 60 hari kerja dengan mengacu pada empat poin penilaian yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan, dan efektifitas sistem pengendalian intern.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Sleman didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Harda Kiswaya, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sleman Haris Sutarta dan Inspektur Kabupaten Sleman Hery Dwi Kuryanto.

Baca juga: Bupati berharap renovasi Stadion Maguwoharjo menguatkan ikon Sleman

Baca juga: Sleman raih penghargaan "KaTa Kreatif 2023" dari Kemenparekraf

 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024