Jakarta (ANTARA) - Atlet menembak Kazakhstan Nikita Chiryukin meraih juara nomor 25m Rapid Fire Pistol Men di Asian Rifle/Pistol Championship 2024 Jakarta, setelah mengungguli lima pesaingnya pada final nomor tersebut di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Sabtu.

Nikita menjadi juara setelah mengumpulkan total skor 32, unggul dari atlet India Vijayveer Sidhu sebagai runner-up dengan total skor 28, sementara Jong-Ho Song berada di peringkat ketiga dengan total skor 23.

Kemenangan ini melengkapi performa Nikita setelah pada hari yang sama mengamankan tiket Olimpiade 2024 Paris. Dia menjadi yang terbaik dengan skor 584-26x pada kualifikasi.

“Itu (kemenangan ini) artinya saya akan pergi ke Olimpiade Paris. Itu saja. Itulah kebutuhannya,” kata Nikita ketika ditemui pewarta setelah pertandingan, Sabtu.

Menatap pergelaran olahraga terbesar di dunia yang dimulai pada 26 Juli sampai 11 Agustus mendatang, Nikita mengatakan dirinya perlu bekerja keras lagi untuk memenangkan emas Olimpiade.

“Saya perlu banyak berlatih untuk mempersiapkan Olimpiade karena sejujurnya hasil ini tidak cukup untuk Olimpiade. Jadi kita perlu membangun sistem yang sangat kuat untuk memenangkan Olimpiade,” ucap atlet 22 tahun itu.

Sementara itu, pada nomor ini tidak ada wakil Indonesia yang tampil pada pertandingan final setelah Totok Tri Martanto yang menyelesaikan kualifikasi pada peringkat tujuh dengan skor 577-19x berstatus RPO (Ranking Points Only).

Untuk wakil-wakil Merah Putih lainnya di kualifikasi yaitu Anang Yulianto finis pada posisi kesembilan dengan skor 576-18x, Deka Diko Anugrah finis pada posisi ke-18 dengan skor 571-18x, Dewa Putu Yadi Suteja finis pada posisi ke-19 dengan skor 571-15x, dan Aris Febrianto yang berstatus sebagai RPO finis pada posisi ke-23 dengan skor 569-12x.

Melalui perhelatan ini, sejauh ini Indonesia telah mengamankan satu tiket menuju Olimpiade 2024 yakni Fathur Gustafian setelah finis pada peringkat empat final nomor 10 meter Air Rifle Men dengan skor 208,3, Rabu (10/1) lalu.

Baca juga: Petembak putri Vietnam dan Iran kantongi tiket Olimpiade Paris 2024
Baca juga: Vidya berlatih sempurnakan teknik menembak untuk rebut tiket Olimpiade


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024