Sanaa (ANTARA) - Milisi Houthi di Yaman mengungkapkan Amerika Serikat dan Inggris melancarkan serangan udara di Provinsi Hodeidah pada Minggu.

Kantor Berita Saba yang dikelola Houthi menyebutkan serangan tersebut membidik Gunung Jida' di provinsi yang berada di Yaman bagian barat tersebut.

Televisi pro-Houthi, Al-Masirah, juga menyatakan pesawat-pesawat pengintai AS terlihat terbang di Hodeidah.

Belum ada keterangan lebih jauh mengenai korban jiwa akibat serangan ini. Pemerintah AS sendiri belum mengomentari klaim Houthi ini.

Baca juga: Kelompok Houthi bersumpah tingkatkan serangan terhadap Israel

Pada Sabtu, AS kembali melancarkan serangan udara di Sanaa, sehari setelah melancarkan serangan di wilayah-wilayah Yaman yang dikuasai Houthi.

Setelah serangan Jumat yang merenggut lima nyawa dan membuat enam orang terluka,  Houthi bersumpah bahwa semua kepentingan AS dan Inggris  menjadi "target sah" bagi pasukannya dalam menanggapi "agresi langsung dan nyata" mereka terhadap Yaman.

Kelompok Houthi menyerang kapal-kapal kargo milik atau yang dioperasikan perusahaan-perusahaan Israel atau yang mengangkut barang-barang ke dan dari Israel, di Laut Merah sebagai bentuk solidaritas kepada Gaza yang diserang Israel sejak 7 Oktober.

Baca juga: Mengungkap alasan ekonomis dari serangan AS-Inggris ke Yaman

Sumber: Anadolu

 

Penerjemah: Katriana
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024