Jakarta (ANTARA) - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk meluncurkan produk hardware MOKA Prime yang merupakan perangkat kasir digital guna membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjalankan operasional usaha.

“Sebagai perusahaan teknologi aplikasi, kami sudah banyak melakukan peluncuran software atau aplikasi. Tapi, ini merupakan terobosan baru, di mana kita meluncurkan hardware kami yang pertama. Jadi, kami sangat excited dan senang bisa meluncurkan MOKA Prime di awal tahun 2024,” kata Head of Merchant Services GoTo Financial Haryanto Tanjo di Kantor Gojek Pasaraya, Jakarta, Senin.

MOKA dibentuk pada tahun 2015 dengan fokus kepada UMKM yang masih menjalankan bisnis secara tradisional karena akses terhadap teknologi masih terbatas, sehingga banyak menghabiskan waktu untuk hal-hal administratif seperti pencatatan, pelaporan, hingga pengecekan inventaris. Karena itu, pihaknya menciptakan MOKA sebagai aplikasi kasir digital (point of sale) yang diciptakan untuk membantu UMKM menjalankan operasionalisasi sehari-hari, sehingga para pelaku usaha dapat lebih fokus meningkatkan layanan dan mengembangkan usaha mereka.

Seiring berjalan waktu, ucapnya, MOKA berevolusi menjadi solusi lengkap bagi usaha offline, mulai dari solusi operasional seperti order taking dan table management, hingga solusi administratif seperti inventory management dan accounting.

Sejak MOKA bergabung dengan Gojek pada tahun 2020 dan menjadi bagian dari GoTo Financial pada tahun 2021, pihaknya juga sudah terintegrasi dengan GoPay dan GoFood, di mana merchant MOKA bisa langsung menerima pembayaran GoPay dan menerima orderan GoFood secara langsung dari aplikasi Moka.

Lebih lanjut, pihaknya berkomitmen untuk selalu mendengarkan feedback dari merchant yang telah menggunakan jasa perangkat kasir tersebut. Salah satu masukan yang diberikan ialah mengenai kebutuhan merchant terhadap aplikasi kasir canggih, profesional, dan dapat diandalkan.

“Tentunya, konsep dan desain juga menjadi aspek yang penting, terutama bagi bisnis-bisnis zaman sekarang yang mementingkan experience dan estetika. Maka dari itu, saya sangat senang untuk memperkenalkan produk dan inovasi terbaru dari MOKA dan GoTo Financial, (yakni) Moka Prime. Moka Prime adalah perangkat kasir khusus untuk Moka, dirancang oleh Moka yang profesional, dengan desain yang premium, dan dilengkapi dengan fitur yang inovatif. Moka Prime dirancang khusus untuk aplikasi Moka POS (Point of Sale), sehingga menyediakan experience hardware dan software yang integrated,” ujar Haryanto.

Dia memaparkan tiga keunggulan dari MOKA Prime. Pertama, outlet tampil lebih profesional dan premium. Saat ini, kebanyakan dari para merchant MOKA disebut menggunakan tablet yang sebenarnya dirancang untuk pribadi, bukan untuk bisnis. Biasanya, tablet ditempel ke MOKA stand yang telah disediakan.

“Ini sebenarnya solusi yang sangat praktis dan sebenarnya sufficient untuk kebanyakan merchant, tapi mungkin kurang cocok untuk tipe merchant yang mungkin lebih dengan skala yang lebih besar, atau memerlukan hardware yang lebih profesional,” ucapnya.

Adapun MOKA Prime dinilai memiliki desain yang premium dan profesional, sehingga dapat mentransformasi tampilan di meja kasir merchant.

Keunggulan kedua yaitu MOKA Prime menyediakan dual touchscreen yang menghadap ke kasir dan pelanggan. Untuk layar yang menghadap ke kasir, didesain dengan ukuran 14,1 inch atau lebih besar dari rata-rata ukuran tablet yang bisa digunakan merchant MOKA sebesar 7-8 inch. Dengan layar yang dua kali lipat lebih besar, ujar dia, maka semakin memudahkan kasir memasukkan pesanan ke dalam aplikasi.

Terkait kelebihan dari layar yang menghadap ke pelanggan terdiri dari tiga fitur inovatif. Mulai dari merchant bisa melakukan upselling dengan menampilkan menu dan promo ketika pelanggan sedang mengantri, dapat langsung membayar dengan QRIS Dynamic guna mempercepat proses pembayaran dan mengurangi kesalahan dari human error, serta feedback interaktif berbentuk emoji senang dan sedih guna menjadi bahan masukan bagi para owner atas tingkat kepuasan pelanggan, evaluasi performa karyawan, dan meningkatkan kualitas layanan merchant.

“Ini juga akan mendorong karyawan supaya selalu memberikan layanan yang paling baik kepada pelanggan, dengan harapan mereka bisa menjadi loyal customer ke depannya,” ungkap dia.

Keunggulan terakhir yang ditawarkan MOKA Prime ialah memiliki memory 4 gigabyte (GB) dan quad-core processor yang mendukung dual touch screen agar responsif dalam memasukkan input ke perangkat kasir.

Selain itu, kata Haryanto, MOKA Prime mempunyai built-in battery dan SIM card slot sehingga mendukung fitur offline mode yang mampu mengurangi kekhawatiran para owner apabila ada gangguan listrik atau internet. Pihaknya juga menyediakan garansi 12 bulan untuk kepada para pembeli perangkat kasir hardware tersebut.

MOKA Prime hadir dengan harga Rp8,9 juta, tetapi khusus untuk early bird price hingga akhir bulan Januari 2024 bisa diperoleh dengan harga Rp8 juta.

Baca juga: GoTo, TikTok dan UGM kolaborasi pengembangan talenta digital Indonesia
Baca juga: Prospek Tokopedia diprediksi lebih positif usai diakuisisi TikTok
Baca juga: Mirae Sekuritas: Bukalapak dan GOTO punya prospek menarik tahun depan

 

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024