Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mengkaji rekomendasi pemberian beasiswa di perguruan tinggi negeri di daerah itu yang diprioritaskan bagi masyarakat di Desa Jabung, Kabupaten Lampung Timur.

"Beberapa waktu lalu ada surat dari Kapolri mengenai rekomendasi pemberian beasiswa di perguruan tinggi negeri bagi masyarakat Desa Jabung, Kabupaten Lampung Timur, dan pemerintah daerah diminta untuk menindaklanjuti. Jadi, inisiasi ini bukan dari pemerintah daerah," ujar Asisten Administrasi Umum Pemprov Lampung Senen Mustakim di Bandarlampung, Senin.

Baca juga: 20 anak KPM-PKH Lampung lolos seleksi prrogram beasiswa bidik misi
 
Ia mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan kajian, sekaligus menjalin koordinasi dengan pihak terkait mengenai rekomendasi pemberian beasiswa kepada masyarakat di Desa Jabung tersebut.
 
"Kami sedang berkoordinasi dan mengkaji dengan Kemendikbudristek serta Universitas Lampung mengenai program yang bisa dikerjasamakan dengan pemerintah daerah, bagi siswa lulusan SMA di Desa Jabung agar bisa meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat setempat sampai sarjana," katanya.
 
Dia menjelaskan Pemerintah Provinsi Lampung siap memfasilitasi bila nantinya rekomendasi pemberian beasiswa tersebut telah memasuki proses finalisasi.
 
"Dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia di Jabung bertujuan untuk mengubah pola pikir masyarakat supaya lebih baik, dan pemerintah daerah akan memfasilitasi. Nanti kami juga mengundang Pemerintah Kabupaten Lampung Timur agar bisa berpartisipasi dalam mempersiapkan pemberian beasiswa bagi masyarakat Desa Jabung," tambahnya.

Baca juga: 425 mahasiswa putra-putri petani terima beasiswa dari Pemprov Lampung

Baca juga: Zulhas beri beasiswa 500 mahasiswa Lampung tingkatkan kualitas SDM
 
Mengenai teknis pemberian beasiswa, lanjutnya, masih dalam pembicaraan bersama pihak terkait dan diharapkan pemberian beasiswa tersebut, selain bisa mengubah pola pikir, juga bisa membentuk citra baik daerah.
 
"Situasi di sana masih dipelajari, dan untuk teknis selanjutnya juga akan dibicarakan lebih intensif. Yang pasti untuk peningkatan sumber daya manusia di Desa Jabung, Lampung Timur agar lebih baik dan kita dukung," ucapnya.

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024