Menurut informasi Pengurus Pusat PWI, pembukaan Porwanas XI yang dijadwalkan 14 September 2013 oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), sedangkan pembukaan Kongres XXIII PWI diharapkan oleh Presiden SBY,"
Banjarmasin (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) diharapkan membuka Kongres XXIII Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang dijadwalkan 19 September 2013.

Harapan itu terungkap dalam rapat Pengurus PWI Kalsel, yang juga selaku Panitia Pelaksana Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XI dan Kongres XXIII PWI, di Banjarmasin, Kamis.

"Menurut informasi Pengurus Pusat PWI, pembukaan Porwanas XI yang dijadwalkan 14 September 2013 oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), sedangkan pembukaan Kongres XXIII PWI diharapkan oleh Presiden SBY," ungkap Ketua PWI Kalsel Fathurrahman.

"Namun kepastian kedatangan orang nomor satu di republik ini ke `Bumi Perjuangan Pangeran Antasari` Kalsel masih dalam negosiasi Pengurus Pusat PWI dengan pihak sekretariat negara atau keprotokolan preside," lanjutnya saat memimpin rapat.

Rapat Pengurus PWI Kalsel dan Panitia Pelaksana Porwanas XI dan Kongres XXIII PWI itu, untuk mengecek perkembangan persiapan pelaksanaan pesta olahraga dan demokrasi nasional bagi organisasi kewartawanan tertua dan terbesar di Indonesia.

Dalam rapat yang berlangsung di Gedung PWI Kalsel itu, Ketua Dewan Kehormatan Daerah (DKD) PWI tingkat provinsi tersebut H Pangeran Rusdi Effendi AR, mengingatkan, Panitia Pelaksana Porwanas XI dan Kongres XXIII agar bekerja sebaik atau semaksimal mungkin.

"Walau kita sebagai penyelamat, tapi kawan-kawan dari Pengurus Pusat PWI khususnya tetap berkeyakinan bahwa, Kalsel mampu menjadi tuan rumah yang baik, sebagaimana Porwanas VII tahun 2002," ujar Pemimpin Umum Banjarmasin Post Group tersebut.

"Oleh sebab itu, mulai sekarang kita harus bekerja lebih giat lagi, guna kesuksesan pelaksanaan Porwanas XI dan Kongres XXIII PWI, yang waktu pelaksanaannya tak sampai satu bulan lagi," demikian Rusdi Effendi.

Sementara itu Ketua PWI Kalsel mengungkapkan, sesuai konfirmasi dari masing-masing cabang PWI seluruh Indonesia, Porwanas XI akan diikuti 1.581 orang altet/wartawan.

Sedangkan Kongres XXIII PWI yang akan memilih Ketua Umum Pengurus Pusat PWI periode 2013 - 2018 dan berlangsung di Hotel Area Borneo Banjarmasin, diikuti sekitar 200 orang utusan dari 34 cabang PWI se-Indonesia.
(KR-SHN/H005)

Pewarta: Syamsuddin Hasan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013