New York (ANTARA News) - Saham-saham di Wall Street berhasil membukukan keuntungan yang mantap pada Kamis (Jumat pagi WIB), meskipun penutupan pasar Nasdaq selama tiga jam mengganggu perdagangan di bursa lainnya.

Nasdaq sempat menghentikan perdagangan karena masalah teknis di komputer-komputernya, yang terjadi setelah tengah hari dan berlangsung hingga perdagangan dilanjutkan sekitar pukul 15.25 (19.25 GMT), memberikan investor 35 menit untuk membersihkan buku-buku mereka, lapor AFP.

Pada akhir perdagangan Dow Jones Industrial Average naik 66,19 poin (0,44 persen) pada 14.963.74.

Indeks berbasis luas S&P 500 bertambah 14,16 poin (0,86 persen) pada 1.656,96, sementara indeks komposit Nasdaq naik 38,92 poin (1,08 persen) menjadi 3.631,78.

Pasar mendapat sentimen positif dari lonjakan survei PMI (indeks pembelian manajer) zona euro oleh Markit untuk Agustus, yang menunjukkan kegiatan usaha telah meningkat tajam ke tingkat tertinggi 26-bulan.

"Kemajuan ini dipimpin oleh Jerman, di mana pertumbuhannya kian cepat lagi pada Agustus, didorong secara bergantian oleh meningkatnya permintaan domestik dan ekspor," kata kepala ekonom Markit Chris Williamson.

"Sejauh ini, kuartal ketiga sedang menjadi yang terbaik ... sejak musim semi 2011," kata Williamson, memperingatkan bahwa blok itu belum sepenuhnya jelas.

Sementara PMI (indeks pembelian manajer) HSBC untuk sektor manufaktur China melonjak menjadi 50,1 pada Agustus, naik dari terendah 11-bulan pada Juli yaitu 47,7.

Penutupan sementara Nasdaq mengganggu, tetapi pasar mengizinkan para pedagang untuk membatalkan pesanan dan saham-saham serta kontrak opsi penting bisa diperdagangkan di papan lainnya.

Saham Nasdaq OMX turun 3,4 persen pada penutupan.

Saham pengecer fashion Abercrombie & Fitch tenggelam 17,7 persen ke tingkat terendah mereka dalam sembilan bulan setelah pendapatan kuartal kedua perusahaan merosot, datang pada setengah dari perkiraan.

Jaringan ritel diskon Dollar Tree naik 2,5 persen pada laporan kuartal keduanya, yang menunjukkan laba bersih naik hampir lima persen dan kenaikan yang sama dalam penjualan.

Saham Yahoo melonjak 3,1 persen karena sebuah laporan industri bahwa lalu lintas di situs webnya melampaui pada situs web yang dimiliki oleh saingannya, Google, pada Juli.

Hewlett-Packard merosot 12,5 persen karena laporan laba kuartalannya lemah, ketika pasar komputer pribadi terus mengerut.

Perusahaan jasa ladang minyak Halliburton naik 1,8 persen setelah mengumumkan pembelian kembali saham senilai 3,3 miliar dolar AS.

Harga obligasi lebih rendah. Imbal hasil pada obligasi negara AS berjangka 10-tahun naik ke tertinggi baru dua tahun 2,90 persen dari 2,86 persen pada akhir Rabu, sementara pada obligasi 30-tahun meningkat menjadi 3,89 persen dari 3,88 persen. Harga dan imbal hasil obligasi bergerak terbalik.


Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013