Jakarta (ANTARA) - Remote, perusahaan terkemuka dalam pengembangan, pengelolaan, dan pemberian dukungan pada tenaga kerja yang tersebar secara global, hari ini mengumumkan peluncuran secara resmi Platform Sumber Daya Manusia (SDM) Global di Indonesia. 

Seiring dengan semakin banyaknya perusahaan di Indonesia yang memanfaatkan keunggulan kerja jarak jauh, Platform SDM Global Remote menyediakan sistem SDM yang terpadu, patuh secara global dan mendukung keseluruhan siklus masa kerja tim yang berbasis di mana pun di dunia.

Platform SDM Global Remote membantu perusahaan untuk menemukan, merekrut, mengelola, dan membayar gaji beragam tim perusahaan yang tersebar di seluruh dunia. 

Dengan demikian, platform ini memberikan solusi yang efektif dan taat peraturan untuk pekerjaan jarak jauh lintas negara. Dengan diluncurkannya platform ini secara resmi di Indonesia, Remote bermaksud memberdayakan bisnis di wilayah ini untuk mengakses talenta papan atas dan membina tenaga kerja yang benar-benar mendunia.

Job van der Voort, CEO dan rekan pendiri Remote, mengungkapkan antusiasmenya terhadap ekspansi perusahaan di Indonesia, dengan menyatakan, “Kami bangga telah membantu perusahaan internasional mempekerjakan ribuan pekerja profesional Indonesia sejak tahun 2021 melalui Remote, sebagai Employer of Record."

"Permintaan global akan talenta-talenta Indonesia terus meningkat, dan kini seiring dengan percepatan perekonomian Indonesia, kami sangat bersemangat untuk meluncurkan platform SDM global kami secara lokal untuk memudahkan perusahaan-perusahaan Indonesia dalam merekrut dan mengelola talenta-talenta mereka dari mana saja di seluruh dunia," kata dia dalam siaran resmi, Rabu. 

Platform SDM Global Remote menyediakan satu tempat terpusat bagi perusahaan-perusahaan untuk menemukan, merekrut, mengelola, dan membayar upah tenaga kerja global mereka. Cakupan platform ini antara lain meliputi: 

Remote HRIS (Human Resources Information System)

Remote HRIS menyediakan sumber daya gratis untuk mengelola siklus masa kerja karyawan mulai dari proses orientasi hingga berakhirnya hubungan kerja, termasuk pelacakan waktu dan kehadiran, manajemen talenta, manajemen pengeluaran, dan sistem pengupahan terintegrasi, sehingga memudahkan perusahaan-perusahaan Indonesia untuk mengelola dan mengotomatisasi proses-proses inti SDM.

Employer of Record (EOR)

Remote menyediakan cara yang taat peraturan dan efisien bagi perusahaan untuk merekrut calon karyawan yang berbasis di luar Indonesia, serta mengurangi risiko dan biaya dengan tetap mematuhi peraturan ketenagakerjaan internasional yang berlaku.

Pengupahan Global

Remote menyediakan interface atau antarmuka tunggal untuk menyederhanakan proses pembayaran upah guna memastikan pembayaran yang akurat dan tepat waktu kepada para karyawan di Indonesia dan di luar negeri. 

Manajemen Kontraktor

Bagi perusahaan yang melibatkan kontraktor independen di Indonesia dan di luar negeri, Remote memungkinkan perusahaan untuk mengotomatiskan proses orientasi dan pembuatan faktur, mengelola kontrak yang sudah dilokalisasi dan taat peraturan, serta melakukan pembayaran dalam berbagai mata uang tanpa biaya konversi.

Integrasi API

Pelanggan dapat dengan mudah mengintegrasikan platform Remote dengan beragam sistem yang ada, memungkinkan perusahaan di Indonesia untuk menjaga kelangsungan alur kerja dan meningkatkan efisiensi dalam operasional mereka.

Remote Talent

Perusahaan dapat mengakses kumpulan talenta global melalui marketplace Remote yang baru untuk menemukan keterampilan yang tepat bagi tim mereka, tanpa memandang batasan geografis.

Pencari kerja juga dapat mengunjungi www.remote.com/jobs untuk mencari lowongan pekerjaan jarak jauh di perusahaan-perusahaan terkemuka di dunia secara gratis. 

Platform ini menawarkan antarmuka yang ramah pengguna, proses otomatis, dan dukungan ahli untuk memastikan pengalaman yang lancar bagi perusahaan dan karyawan. 

Platform ini didukung oleh infrastruktur entitas dan jaringan pembayaran global Remote yang luas, pakar internal, dan pemahaman mendalam tentang hukum dan norma lokal yang sudah menyatu dalam platform.

“Kami percaya bahwa calon karyawan berbakat ada di mana-mana namun peluang tidak selalu tersedia. Dengan ekspansi ke Indonesia, kami ingin menjembatani kesenjangan ini serta memberdayakan dunia usaha dan individu untuk berkembang dalam perekonomian global,” tambah Job van der Voort.

Remote diluncurkan pada tahun 2019 dan menjadi perusahaan Employer of Record (EOR), dengan pertumbuhan tercepat, membangun infrastruktur global terlengkap di industri terkait guna memudahkan perusahaan seperti GitLab, HelloFresh, Aston Martin, dan DoorDash untuk merekrut karyawan di luar negara asal mereka.

Dunia usaha di Indonesia kini dapat memanfaatkan platform Remote untuk menyederhanakan manajemen tenaga kerja global mereka, meminimalkan biaya administratif, dan fokus pada hal yang paling penting, yaitu membangun tim global yang sukses dengan pikiran yang tenang.

Baca juga: Pentingnya tes minat bakat sejak dini untuk ciptakan SDM unggul

Baca juga: Telkom sediakan aplikasi untuk kembangkan SDM kepada Bank Papua

Baca juga: Aplikasi pendidikan berbasis digital tingkatkan kemampuan SDM


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024