Jakarta (ANTARA) - Pemain timnas Indonesia Shayne Pattynama bertekad untuk menjemput kemenangan perdana di Piala Asia 2023 Qatar saat melawan Vietnam di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat (19/1) pukul 21.30 WIB.

Indonesia kalah pada laga perdana melawan Irak dengan skor 1-3. Namun, kata Shayne, Garuda tidak perlu berlarut dalam kesedihan karena kekalahan melawan Singa Mesopotamia menurutnya dapat menjadi pelajaran berharga untuk memberikan penampilan terbaik melawan Vietnam.

“Kita harus tetap berpikir positif dengan sesama pemain, staf pelatih dan semuanya, jadi kita harus gunakan apa yang bisa dipelajari dari laga pertama, dengan begitu kita bisa memberikan kemampuan terbaik di laga berikutnya,” kata Shayne, melansir dari laman resmi PSSI, Rabu.

Baca juga: Ketum PSSI konfirmasi Shayne akan gabung timnas dalam waktu dekat

Pemain klub Norwegia Viking itu lalu memberikan penilaiannya terhadap kekuatan lawan Garuda pada laga kedua yaitu Vietnam, yang pada laga pertama sempat merepotkan raksasa Asia Jepang walaupun berakhir kekalahan dengan skor 2-4.

Ia mengatakan tim Garuda harus jeli menganalisis kekuatan tim berjuluk The Golden Stars itu seraya meningkatkan performa tim sendiri demi memetik tiga poin pada laga kedua nanti dan menjaga asa lolos ke babak 16 besar.

“Mereka bermain baik melawan Jepang, jadi kami harus mempelajari kelebihan dan kekurangan mereka, dan membuat perencanaan permainan melawan Vietnam. Ini akan menjadi tantangan menarik bagi kami,” jelasnya.

Baca juga: Jepang bangkit dari ketinggalan untuk menang 4-2 atas Vietnam

“Saya tak tahu banyak mengenai pemain-pemain mereka, namun mereka cepat dan memiliki penguasaan bola yang baik. Kami harus bekerja keras dan membangun kembali kepercayaan diri kami, dan harus lebih fokus ke tim daripada memikirkan tim lain,” tambahnya.

Lebih lanjut, untuk mewujudkan kemenangan perdana Indonesia di turnamen empat tahunan Asia itu, pesepak bola 25 tahun itu berharap mendapatkan dukungan penuh dari suporter Merah Putih di stadion.

“Kami berharap dukungan terus diberikan oleh suporter. Itu akan memberikan kekuatan tersendiri bagi kami. Kita semua harus tetap berfikiran positif, dengan begitu akan mendapatkan hasil bagus. Tentu kami akan berjuang keras, jangan khawatir, kita tentu akan melakukannya,” tambahnya.

"Kita harus percaya diri, bertahan dengan bagus dan bisa memanfaatkan peluang saat menyerang,” tutupnya.

Baca juga: Skuad Garuda tumbuhkan optimisme jelang hadapi Vietnam
Baca juga: Erick Thohir nilai pertahanan timnas beberapa kali kehilangan momentum


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024