menurun terus karena diperbaiki serius
Jakarta (ANTARA) - Tingkat kecelakaan (accident rate) PT TransJakarta menurun pada 2023, menyusul berbagai upaya perbaikan oleh perseroan secara berkelanjutan demi terciptanya keamanan dan kenyamanan bagi pelanggan transportasi publik itu.

"Angka ini menurun terus karena diperbaiki serius sampai Desember 2023 tercatat 0,34 'accident rate'," kata Direktur Operasi dan Keselamatan TransJakarta Daud Joseph kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu.

Daud menilai angka itu turun sebesar 54 persen jika dibandingkan dengan Maret 2023 yakni 0,74 tingkat kecelakaan atau 74 kecelakaan dalam 100 ribu kilometer.

Maka dari itu, dia mengakui, kondisi itu sudah cukup baik dalam menciptakan keamanan bagi pelanggan sehingga diharapkan akan lebih baik lagi pada 2024 ini.

Baca juga: TransJakarta gandeng SKPD guna capai target 340 juta penumpang di 2024

Terlebih, pada Oktober tahun lalu, perseroan meraih penghargaan sebagai perusahaan BUMD dengan manajemen keselamatan terbaik (The Best Safety Management in BUMD Company) dan inovasi keselamatan terbaik (The Best Safety Inovation) pada acara Indonesia Safety Excellence Awards 2023 oleh First Indonesia Magazine.

"Keselamatan jadi garis penting dari operasional yang kita lakukan secara serius dan fokus," tambahnya.

Daud juga menambahkan, pihaknya terus melakukan pembenahan secara tiga aspek yakni fasilitas yang dilengkapi regulasi keselamatan kerja.

Kemudian, pembenahan dari prosedur kerja yang dibuat sistematis sehingga jika dalam proses terdapat hambatan maka sudah ada langkah mitigasinya.

Baca juga: 280 juta orang naik TransJakarta pada 2023

"Kemudian pembenahan operator komputer dengan jumlah 6.500 karyawan dalam ruang lingkup TransJakarta," tambahnya.

Selain karyawan dalam, TransJakarta juga menggandeng tambahan karyawan mikrotrans sebanyak 15 ribu orang yang lebih banyak berperan dalam segi keselamatan dan kesehatan kerja.

Sebelumnya, sebanyak 280 juta orang naik TransJakarta pada 2023 dan jumlah itu merupakan rekor jumlah tertinggi selama TransJakarta mulai beroperasi.

"Total selama 2023 kita berhasil melayani jumlah pelanggan 280 juta. Angka ini menjadi rekor tertinggi sejak awal berdiri TransJakarta," kata Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) Welfizon Yuza dalam diskusi mengenai kinerja korporasi tahun 2023 di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa.

Baca juga: Transjakarta bolehkan penumpang berkaos partai selama tidak kampanye

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024