...merupakan bentuk komitmen serius pemerintah dalam upaya percepatan peningkatan kompetensi tenaga kerja, khususnya bagi kawula muda.
Banjarmasin (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) melakukan pembukaan "kick off" pemagangan dalam negeri tahun 2024, di Gedung Idham Chalid, Kota Banjarbaru, Rabu.
 
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalsel Suparmi, di Banjarbaru, Rabu, mengajak perusahaan-perusahaan mendukung program pemerintah provinsi yang dimulai ini.
 
"Untuk memberikan kesempatan magang kepada para pencari kerja," ujarnya.
 
Menurut dia, program yang diikuti sebanyak 192 peserta ini merupakan bentuk komitmen serius pemerintah dalam upaya percepatan peningkatan kompetensi tenaga kerja, khususnya bagi kawula muda.
 
"Ini sebagai upaya mempercepat peningkatan kualifikasi dan keterampilan tenaga kerja di Kalsel, diharapkan dengan SDM yang terlibat memiliki daya saing yang tinggi dan lebih mudah terserap di dunia kerja sesungguhnya," katanya pula.
 
Sebagaimana tahun lalu, ujar Gubernur Kalsel, hasil positif atas program ini dirasakan sebanyak 168 peserta yang berhasil terserap di berbagai tempat kerja dan berwirausaha.
 
Apalagi pemerintah memberikan insentif berupa pengurangan pajak kepada perusahaan yang mendukung program pemagangan. Insentif tersebut diberikan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2019 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 128/PMK.010/2019.
 
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalsel Irfan Sayuti menyatakan bahwa program ini berupa pelatihan yang terdiri dari teori, simulasi dan praktik di perusahaan.
 
"Durasi pelatihan adalah 160 jam atau satu bulan, yang diselenggarakan oleh instruktur perusahaan," katanya lagi.
 
Dia memaparkan, pelatihan ini membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja di bidang tertentu.
 
Selanjutnya, terdapat praktik kerja selama empat bulan yang dibimbing oleh mentor atau karyawan berpengalaman. Total pelatihan berlangsung selama lima bulan, dimulai pada bulan April dan dijadwalkan berakhir pada bulan September 2024, katanya lagi.
Baca juga: BPJAMSOSTEK Banjarmasin beri perlindungan 250 peserta magang

Pewarta: Sukarli
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024