Itu merupakan salah satu program dari APBN dan APBD.
Medan (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menyediakan benih padi gratis untuk sekitar 33 ribu hektare sawah pada tahun 2024.

"Itu merupakan salah satu program dari APBN dan APBD," ujar Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut Muhammad Juwaini, di Medan, Rabu.

Juwaini melanjutkan, pihaknya menyediakan beberapa benih untuk program tersebut, misalnya Inpari 32 dan Ciherang. Inpari 32, dia menambahkan, merupakan benih yang paling banyak ditanam di wilayahnya.

Dia menegaskan, ada persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan benih tersebut.

Petani yang berhak memperoleh benih itu, Juwaini melanjutkan, wajib terdata di kabupaten-kota atau kelompok tani yang masuk dalam Sistem Informasi Manajemen Penyuluhan Pertanian (Simluhtan).

Petani tersebut juga diharapkan memiliki lahan yang titiknya sudah terkoordinat.

"Selain itu ada pula syarat-syarat lainnya," ujar Juwaini.

Dalam misi meningkatkan produksi padi, Pemprov Sumut menyiapkan berbagai strategi, termasuk pemberian benih bermutu bersertifikat secara gratis.

Selain itu, pemprov menambah indeks pertanaman (IP) dan mengubah rawa menjadi sawah pada tahun 2024. Dengan menambah IP, luas tanam padi Sumut akan bertambah meski luas lahan tetap.

Jika itu terjadi, dia yakin pasokan beras juga meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun 2023, dia menyebut beras Sumut surplus kurang lebih 500 ribu ton.

"Pada tahun 2023, produksi beras sekitar 2,5 juta ton dan kebutuhan dua juta ton," kata Juwaini.

Lalu untuk rawa, Pemprov Sumut akan memanfaatkan potensi yang ada untuk ditanami padi. Dengan demikian, rawa yang selama ini IP-nya nol bisa jadi satu.

Juwaini menyebut, Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut sudah melakukan survei investigasi dan desain (SID) terkait pengalihan fungsi rawa menjadi sawah itu.

Secara umum, kata dia lagi, survei itu menunjukkan ada sekitar 30 ribu hektare rawa di Sumut yang berpotensi dijadikan sawah dan tersebar di beberapa kabupaten Sumut seperti Labuhanbatu.
Baca juga: Sumut kembangkan varietas padi Sigambiri Putih dan Merah

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024