Wenchang (ANTARA) - China meluncurkan wahana antariksa kargo Tianzhou-7 pada Rabu (17/1) malam waktu setempat untuk mengirimkan pasokan ke stasiun luar angkasa Tiangong yang mengorbit, demikian dikatakan Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA).

Roket pengangkut Long March-7 Y8, yang membawa Tianzhou-7, lepas landas pada pukul 22.27 Waktu Beijing (21.27 WIB) dari Situs Peluncuran Wahana Antariksa Wenchang di Provinsi Hainan, China selatan, CMSA mengungkapkan.

Setelah sekitar 10 menit, Tianzhou-7 memisahkan diri dari roket dan memasuki orbit yang telah ditentukan. Panel-panel suryanya segera terbuka. CMSA menyatakan bahwa peluncuran ini sepenuhnya sukses.

Wahana antariksa kargo tersebut nantinya akan melakukan pertemuan (rendezvous) dan penambatan (docking) dengan kombinasi stasiun luar angkasa.
 
Roket pengangkut Long March-7 Y8 lepas landas dari Situs Peluncuran Wahana Antariksa Wenchang, China, pada 17 Januari 2024. (Xinhua/Fan Yuqing)
 
Roket pengangkut Long March-7 Y8 lepas landas dari Situs Peluncuran Wahana Antariksa Wenchang, China, pada 17 Januari 2024. (Xinhua/Yang Guanyu)

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024