Kalau budidaya lobster laut itu berhasil, akan kami bentuk kelompok-kelompok pembudidaya lobster laut dengan harapan ekonomi akan meningkat di sektor kelautan kita.
Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berupaya memaksimalkan budidaya lobster di kawasan pesisir pantai selatan wilayah Kelurahan Srigading, Kecamatan Sanden, untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan daerah ini.

"Kalau budidaya lobster laut itu berhasil, akan kami bentuk kelompok-kelompok pembudidaya lobster laut dengan harapan ekonomi akan meningkat di sektor kelautan kita," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih seusai meninjau Demplot Pembesaran Lobster di Srigading Bantul, Kamis.

Selain itu, kata dia, budidaya lobster yang maksimal juga diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan nelayan di Bantul, apalagi Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bantul akan melibatkan beberapa nelayan untuk mengelola budidaya lobster dengan skala lebih besar.

Baca juga: Trenggono: Kerja sama RI-Vietnam ciptakan investasi budi daya lobster

Bupati juga berharap, pemerintah daerah akan mengoptimalkan pengelolaan kekayaan laut yang dimiliki Kabupaten Bantul, salah satunya lobster.

Terlebih, kata Bupati Halim, lobster laut merupakan komoditas kelautan yang harganya cukup mahal, bahkan bisa mencapai Rp1 juta per ekor, tergantung pada berat dan jenis lobsternya.

"Jadi kan benur (bibit lobster) kami dapat dari laut Bantul, kemudian dibesarkan di darat dan tanda-tanda keberhasilannya sudah terlihat dengan pertumbuhan berat lobster maka harus terus dikembangkan," katanya.

Baca juga: Menteri KKP optimistis Indonesia jadi produsen lobster kuat di kawasan

Sementara itu, seorang warga yang mulai melakukan budidaya lobster laut dengan bimbingan dari DKP Bantul, Sancoko mengatakan, sudah mulai mencoba budidaya lobster sekitar dua bulan. Bibit lobster itu berasal dari laut selatan Bantul.

"Bibitnya cari sendiri di laut, kemudian kami budidayakan di kolam yang berisi air laut dilengkapi dengan alat pengatur sirkulasi air hingga oksigen agar lobster tetap bisa hidup," katanya.

Dia pun kemudian melakukan uji coba budidaya lobster laut dengan empat kolam, dengan masing-masing kolam diisi sebanyak 25 ekor benur, dan hingga usia dua bulan yang memiliki bobot sekitar satu ons.

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024