Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kota Batu menyatakan bahwa pengembangan potensi wisata tematik Desa Sidomulyo, yang berada di Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur, diharapkan mampu mendongkrak perekonomian warga setempat.

Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai dalam keterangan yang diterima di Kota Batu, Jawa Timur, Kamis mengatakan bahwa keberadaan desa tematik Sidomulyo, diharapkan mampu menambah potensi peningkatan ekonomi bagi masyarakat setempat termasuk keberadaan UMKM.

"Saya berharap berharap dengan bertambahnya desa tematik Sidomulyo akan menambah potensi peningkatan ekonomi bagi masyarakat sekitar, utamanya sektor UMKM dan pusat oleh-oleh," kata Aries.

Desa Sidomulyo merupakan salah satu desa di wilayah Kota Batu yang memiliki potensi tanaman hias. Masyarakat setempat secara mandiri dan swadaya mengembangkan potensi desa tersebut untuk dijadikan Kampung Sakura yang memiliki nuansa seperti di Jepang.

Aries menjelaskan, Pemerintah Kota Batu memberikan apresiasi kepada masyarakat setempat yang secara mandiri mengembangkan destinasi baru di Kota Batu tersebut. Pengembangan Desa Sidomulyo menjadi Kampung Sakura tersebut dinilai membuka potensi wisata yang ada.

"Desa Sidomulyo sudah terkenal dengan potensi bunga dan tanaman hias yang lain, tidak salah jika warga memunculkan ide membangun destinasi Kampung Sakura," kata Aries.

Aries menambahkan, ide yang dikembangkan masyarakat setempat tersebut dinilai mirip dengan kondisi yang ada di Negeri Sakura. Selain itu, pada destinasi yang akan diluncurkan pekan ini, juga dilengkapi tiga rumah yang memiliki nuansa Jepang.

"Sangat mirip dengan kondisi aslinya ditambah ada tiga spot rumah bernuansa Jepang yang bisa digunakan masyarakat untuk selfie maupun foto-foto berlatar belakang rumah Jepang," katanya.

Sebagai informasi, Pemerintah Kota Batu memiliki program untuk mengangkat potensi tematik desa wisata atau keunggulan tiap-tiap wilayah dalam upaya meningkatkan minat kunjungan wisatawan secara berkelanjutan.

Dari sebanyak 24 desa dan empat kelurahan yang ada di wilayah Kota Batu, akan dikembangkan dengan mengangkat masing-masing potensi yang dimiliki. Potensi tematik tiap-tiap desa akan memberikan pengalaman baru bagi wisatawan.

Hal itu bertujuan agar para wisatawan tetap berkunjung ke wilayah tersebut secara berkelanjutan dan bukan hanya dalam satu waktu tertentu.

Baca juga: Gubernur Khofifah serahkan SK perpanjangan Pj Wali Kota Batu
Baca juga: Presiden Jokowi resmikan Pasar Induk Among Tani Kota Batu
Baca juga: Jokowi harap Pasar Induk Among Tani angkat perekonomian Kota Batu

 

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024